KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA MATERI RELIEF SISWA KELAS IV SD GUGUS PIERRETENDEAN KENDAL

Aknis Etikayani , 1401412155 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA MATERI RELIEF SISWA KELAS IV SD GUGUS PIERRETENDEAN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (343Kb)

    Abstract

    Pelaksanaan penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar seni rupa materi relief siswa kelas IV SD Gugus Pierretendean Kendal. Hal ini dikarenakan kurangnya pemberian contoh cara membuat relief, berakibat pembuatan relief belum optimal dan aktifitas siswa yang masih kurang. Keadaan yang demikian mendorong peneliti untuk menerapkan alternatif model student facilitator and explaining. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model student facilitator and explainingefektif untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa materi relief kelas IV SD Gugus Pierretendean. Peneliti menggunakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Gugus Pierretendean dengan sampel 27 siswa di SDN 2 Nolokerto sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa di SDN 4 Kutoharjo sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, lembar observasi dan dokumentasi. Pengujian analisis hipotesis dengan menggunakan uji t-independent sample atau t-test polled varians. Hasil penelitian berupa nilai pretest postest kelas eksperimen dan kontrol serta aktivitas siswa. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 78,78 dan kontrol sebesar 63,70. Penghitungan data hasil belajar (postest) menggunakan uji t menunjukkan nilai thitung (4,618) > ttabel (2,000) atau signifikansinya 0,000 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan antara hasil belajar dengan model student facilitator and explaining dan kelas yang tanpa diberikan perlakuan. Nilai gain kelas kontol sebesar 0,166 dengan kategori rendah sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,490 dengan kategori sedang. Nilai gain yang lebih tinggi menunjukkan peningkatan hasil belajar pada penerapan model student facilitator and explaining. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dari pertemuan pertama sampai keempat yaitu pertemuan pertama 55,1%, kedua 60,3%, ketiga 62,1% dan pertemuan keempat 64,4%. Simpulan peneliti adalah model student facilitator and explaining efektif diterapkan pada pembelajaran seni rupamateri relief siswa kelas IV SD Gugus Pierretendean Kendal. Saran dalam penelitian hendaknya guru menerapkan model student facilitator and explainingmenjadi salah satu model inovatif agar hasil belajar optimal. Siswa juga dapat lebih aktif, terampil dan mengembangkan kemampuan berpikirnya. Sekolah diharapkan juga memberikan kesempatan guru menerapkan model pembelajaran lainnya yang cocok untuk materi tertentu agar tercipta inovasi dalam kegiatan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Student facilitator and explaining, hasil belajarseni rupa, aktivitas siswa.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 18 Jan 2018 08:26
    Last Modified: 18 Jan 2018 08:26

    Actions (login required)

    View Item