HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS ERLANGGA JEPARA

Novaliya Yuwanti , 1401412143 (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS ERLANGGA JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (444Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan bahwa hasil belajar PKn kelas IV di SDN Gugus Erlangga kurang memuaskan, sebanyak 49,6% (79 siswa) dari 159 siswa mendapatkan nilai di bawah 70. Selama penulis melaksanakan observasi sering dijumpai beberapa siswa yang saling bertengkar dengan teman, saling mengejek antar teman, malu untuk tampil di depan kelas, dan lebih suka bergaul dengan teman sebangkunya. Berdasarkan pengamatan tersebut peneliti mengindikasikan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa kelas IV masih rendah. Maka peneliti berasumsi bahwa faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar PKn salah satunya adalah tingkat kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa, serta menguji hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Erlangga Jepara tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 159 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh atau studi populasi. Data penelitian diperoleh dari angket kecerdasan emosional dan tes hasil belajar PKn. Teknik analisis data menggunakan product moment dan regresi sederhana dengan berbantuan program SPSS for Windows Seri 20. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebesar 90% siswa kelas IV gugus Erlangga Jepara memiliki kecerdasan emosional pada ketegori baik dan sebesar 51% siswa memiliki hasil belajar PKn pada kategori tuntas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan product moment sehingga didapatkan hasil rhitung sebesar 0,417 dan harga signifikansinya 0,000 serta besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PKn yaitu 17,4%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SDN Gugus Erlangga Jepara. Saran bagi pendidik diharapkan dalam proses pembelajaran selain mengajarkan materi pelajaran, pendidik juga harus memberikan pengetahuan yang berkaitan dengan kemampuan yang ada didalam diri siswa termasuk kecerdasan emosional. Bagi siswa diharapkan melakukan refleksi diri dan mengembangkan kecerdasan emosionalnya agar mampu mendapatkan hasil belajar yang tinggi. Bagi sekolah, diharapkan menyelenggarakan kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar PKn, kecerdasan emosional
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 16 Jan 2018 12:46
    Last Modified: 16 Jan 2018 12:46

    Actions (login required)

    View Item