HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTORO KOTA SEMARANG

Diana Saraswati R. , 1401412116 (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTORO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (437Kb)

    Abstract

    Kualitas keterampilan berbahasa tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimiliki. Semakin baik tingkat penguasaan kosakata seseorang maka semakin baik keterampilan berbahasanya terutama dalam menulis. Namun permasalahan di sekolah dasar penguasaan kosakata dan keterampilan menulis puisi masih rendah yaitu 57,4. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini merumuskan masalah yaitu bagaimanakah penguasaan kosakata siswa kelas III, bagaimanakah keterampilan menulis puisi siswa kelas III, adakah hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis puisi kelas III. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penguasaan kosakata pada siswa kelas III, mendiskripsikan keterampilan menulis puisi kelas III dan mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis puisi kelas III SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Kota Semarang sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data untuk variabel menggunakan teknik tes soal isian singkat yang telah diuji validitasnya menggunakan point biserial dan reliabilitasnya menggunakan KR20. Sedangkan pengujian validitas variabel keterampilan menulis puisi menggunakan validator ahli dan reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbarch’s Alpha. Pengujian hipotesis penelitan ini menggunakan teknik korelasi product moment. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) penguasaan kosakata siswa kelas III SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro memperoleh skor rata-rata 69, dengan kategori baik; (2) keterampilan menulis puisi siswa kelas III SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro memperoleh skor rata-rata 68,6 dengan kategori baik; dan (3) ada hubungan antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis puisi kelas III SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Kota Semarang memiliki signifikasi korelasi sebesar 0,498 dengan kategori korelasi sedang. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka penguasaan kosakata berkategori baik. Keterampilan menulis berkategori baik dan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis memiliki hubungan berkategori sedang. Saran untuk meningkatkan penguasaan kosakata yaitu dengan membaca, menonton, dan wisata belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Penguasaan Kosakata, Puisi
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 15 Jan 2018 13:54
    Last Modified: 15 Jan 2018 13:54

    Actions (login required)

    View Item