PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PKn SDN SE-GUGUS NGUDI KAWRUH KECAMATAN KARANGLEWAS BANYUMAS

Heryana Try Astuti , 1401412113 (2016) PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PKn SDN SE-GUGUS NGUDI KAWRUH KECAMATAN KARANGLEWAS BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (404Kb)

    Abstract

    Hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur tercapainya tujuan pembelajaran. Hasil belajar yang diperoleh siswa tinggi maka dapat dikatakan tujuan pembelajaran sudah tercapai, termasuk di dalamnya mata pelajaran PKn. Selain itu, motivasi belajar siswa juga sangat diperlukan demi kelancaran proses pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn. Berdasarkan wawancara, diperoleh keterangan bahwa hasil dan motivasi belajar PKn siswa kelas III di SDN se- Gugus Ngudi Kawruh Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas masih tergolong rendah. Kriteria hasil belajar PKn yang menunjukan rendah adalah terdapat siswa yang tidak tunas KKM. Kriteria motivasi belajar PKn rendah adalah terdapat siswa yang tidak semangat mengikuti pembelajaran, termasuk pembelajaran PKn. Terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil dan motivasi belajar siswa. Salah satu faktor yang berasal dari luar adalah pemberian reinforcement. Berdasarkan uraian yang peneliti paparkan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reinforcement terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN se- Gugus Ngudi Kawruh Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas yang berjumlah 245 orang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Taro Yamane dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 155 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan dokumentasi dan angket dengan menggunakan skala likert 4. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement terhadap motivasi belajar Pkn dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (11,070 > 1,97559). Korelasi sebesar 0,667. Besar sumbangan pemberian reinforcement terhadap motivasi belajar siswa sebesar 44,5%.; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh diperoleh thitung > ttabel (17,458 > 1,97559). Korelasi sebesar 0,816. Besar sumbangan pemberian reinforcement terhadap hasil belajar siswa sebesar 66,6%. Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini adalah guru hendaknya meningkatkan keterampilan memberi penguatan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan baik di sekolah maupun luar sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, motivasi, pemberian reinforcement
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General) > Instructional Media
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 15 Jan 2018 13:08
    Last Modified: 15 Jan 2018 13:08

    Actions (login required)

    View Item