HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS GANESHA KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA

Wahyu Kartika Dewi , 1401412091 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS GANESHA KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (416Kb)

    Abstract

    Keluarga sebagai pendidikan pertama dan utama bagi anak sehingga lingkungan keluarga mempunyai peranan penting dalam proses pendidikan anak. Perhatian orang tua yang semakin kurag terhadap pendidikan anak, membuat kualitas pendidikan anak menurun. Tidak terkecuali pada minat baca. Rendahnya minat baca salah satunya dipicu oleh kurangnya perhatian orang tua. Orang tua lebih memperhatikan pemenuhan materi daripada meluangkan waktu untuk anak. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah perhatian orang tua terhadap minat baca siswa serta kualitas minat baca siswa. Di samping itu, seberapa koefisien korelasi antara perhatian orang tua dengan minat baca siswa. Tujuan penelitian ini untuk 1. Mendeskripsikan perhatian orang tua terhadap minat baca siswa., 2. Mengetahui kualitas minat baca siswa., dan 3. Mengetahui koefisien korelasi antara perhatian orang tua dengan minat baca siswa kelas V SD Negeri Gugus Ganesha Kecamatan Batealit Jepara. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se- gugus Ganesha Kecamatan Batealit Jepara yang berjumlah 248 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang berjumlah 78 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan angket, wawancara serta dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhatian orang tua siswa kelas V termasuk kategori baik atau sebesar 73,45%, minat baca siswa kelas V termasuk kategori cukup atau sebesar 61,18% dan terdapat koefisien korelasi antara perhatian orang tua dengan minat baca siswa kelas V sebesar 42% atau dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat baca siswa ditentukan oleh perhatian orang tua sebesar 42% sedangkan 58% minat baca dipengaruhi oleh faktorfaktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini terbukti bahwa masih ada variabel lain yang mempengaruhi minat baca.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hubungan, Perhatian Orang Tua, Minat Baca SD
    Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 15 Jan 2018 10:35
    Last Modified: 15 Jan 2018 10:35

    Actions (login required)

    View Item