HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS ARIEF RAHMAN HAKIM KECAMATAN KENDAL KABUPATEN KENDAL

Laeli Nur Islami , 1401412083 (2016) HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS ARIEF RAHMAN HAKIM KECAMATAN KENDAL KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (235Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SD Langenharjo 2 dan SD Karangsari 3 ditemukan fakta bahwa bentuk partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar mengajar dirumah berbeda-beda pada setiap siswa. Ada sebagian siswa yang mempunyai partisipasi dari orang tua yang berupa fasilitas belajar yang memadai namun ada juga sebagian siswa yang bentuk partisipasi orang tua belum optimal baik dalam bentuk fisik dan nonfisik. Selain hasil wawancara tentang partisipasi orang tua peneliti juga melakukan observasi tentang nilai hasil belajar IPS di ke dua SD tersebut yang menunjukkan nilai ulangan harian IPS masih Rendah. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah tingkat partisipasi orang tua siswa, hasil belajar IPS, dan hubungan partisipasi orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Arief Rahman Hakim Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan partisipasi orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Arief Rahman Hakim Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 121 siswa kelas V Sekolah Dasar dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu populasi sama dengan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptiff dan teknik korelasi pearson product moment. Hasil analisis deskriptif menunjukkan partisipasi orang tua dalam kategori baik atau 67% dan hasil belajar IPS masuk dalam kategori baik sekali yaitu 34%. Hasil korelasi product moment menunjukkan bahwa nilai r hitung sebesar 0,559, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara partisipasi orang tua dengan hasil belajar IPS siswa masuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa 56% hasil belajat IPS siswa dipengaruhi oleh partisipasi orang tua, sedangkan 44% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti agar diteliti oleh peneliti selanjutnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: partisipasi orang tua; hasil belajar; dan IPS
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 15 Jan 2018 10:37
    Last Modified: 15 Jan 2018 10:37

    Actions (login required)

    View Item