KEEFEKTIFAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS NUSA MAYONG JEPARA

LUTFIATUL KHASANAH , 1401412078 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS NUSA MAYONG JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (274Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV di SD Gugus Nusa Mayong Jepara, kemampuan menulis karangan narasi siswa rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif yaitu model penugasan, perbendaharaan kata siswa kurang dan siswa kesulitan untuk mengorganisasikan ide menjadi karangan. Oleh karena itu, penulis menerapkan model concept sentence berbantuan media buku zig-zag untuk memberikan alternatif dalam mengajar materi menulis karangan narasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model concept sentence berbantuan media buku zig-zag lebih efektif dibandingkan model penugasan terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Gugus Nusa Mayong Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keefektifan model pembelajaran concept sentence berbantuan media buku zig-zag terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa SD kelas IV Gugus Nusa Mayong Jepara. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA SDN 01 Mayonglor sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA SDN 02 Mayonglor sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja dan studi dokumenter. Uji coba instrumen menggunakan validitas isi dan uji reliabilitas inter-rater. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t (independent samples t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model concept sentence berbantuan media buku zig-zag efektif terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Gugus Nusa Mayong Jepara. Rata-rata pascates kelas eksperimen sebesar 75,83 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 68,9. Hasil uji-t menunjukkan nilai t-hitung > t-tabel (2,222 > 2,000) dan signifikansi (0,031 < 0,05) artinya hasil menulis karangan narasi siswa menggunakan model concept sentence berbantuan media buku zig-zag lebih besar dibandingkan model penugasan. Hasil uji antar gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,347 (sedang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,127 (rendah). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model concept sentence berbantuan media buku zig-zag lebih efektif dibandingkan model penugasan terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa SD kelas IV SD Gugus Nusa Mayong Jepara. Penerapan model concept sentence berbantuan media buku zig-zag diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam mengembangkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: concept sentence, keterampilan menulis, karangan narasi
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 15 Jan 2018 10:35
    Last Modified: 15 Jan 2018 10:35

    Actions (login required)

    View Item