KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD KELAS IV

SITI ULWATI , 1401412072 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD KELAS IV. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (283Kb)

    Abstract

    Pembelajaran menulis karangan narasi dikelas IV SDN Pakintelan 02 dan SDN Sumurrejo 01 yang belum efektif mengakibatkan hasil karya karangan siswa belum optimal. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan model yang telah digunakan sebelumnya dengan model yang inofatif. Model pembelajaran examples non examples dipandang dapat menggantikan model sebelumnya yang kurang inovatif. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan yaitu apakah modelpembelajaran examples non examples efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas IV.Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaranexamples non examples efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas IV. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas IV Gugus Larasati berjumlah 205. Sampel yang digunakan yaitu SDN Pakintelan 02 sejumlah 21 siswa dan SDN Sumurrejo sejumlah 21 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja dan studi dokumenter dan soal uji coba sebelumnya menggunakan uji validitas isi dan uji reliabilitas antar-rater. Sedangkan pengujian analisis hipotesis dengan menggunakan uji t-independent sample atau t-test polled varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa data pretest kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Harga t-hitung pretest lebih kecil dibandingkan harga t-tabel (0,529 < 2,018) dan signifikansi (0,601 > 0,05), artinya HO diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata skor keterampilan menulis karangan narasi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada saat pretest. Harga t-hitung posttest lebih besar dibandingkan harga t-tabel (2,075 > 2,018) atau signifikansi (0,044 < 0,05). Ha diterima dan HO ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan rata-rata skor keterampilan menulis karangan narasi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dengan perbedaan rata-rata (mean different) sebesar 5,476 . Besar peningkatannya pada kelas eksperimen terlihat pada rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,46 atau termasuk dalam kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol 0,32 termasuk dalam kategori sedang. Simpulan penelitian keefektifan model pembelajaran examples non examplesyaitu diharapkan menjadi pertimbangan bagi guru kelas IV SDN Pakintelan 02 untuk menerapkan model pembelajaran examples non examples pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan aspek atau materi yang lain. Sedangkan saran penelitian penerapan model pembelajaran examples non examples adalah diharapkan dapat menjadi salah satu model inovatif untuk pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: examples non examples, keterampilan menulis, karangan narasi.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
    L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 15 Jan 2018 08:45
    Last Modified: 15 Jan 2018 08:45

    Actions (login required)

    View Item