KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN TEBAK KATA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN HARJOSARI KIDUL 01 KABUPATEN TEGAL

Nur Antika Dewi , 1401412070 (2016) KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN TEBAK KATA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN HARJOSARI KIDUL 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (346Kb)

    Abstract

    Proses pembelajaran PKn menuntut terlibatnya emosional, intelektual, dan sosial dari peserta didik dan guru sehingga nilai-nilai itu bukan hanya dipahami (bersifat kognitif), tetapi dihayati (bersifat objektif) dan dilaksanakan (bersifat perilaku). Namun, dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran PKn di sekolah dasar masih banyak menggunakan model konvensional yang didominasi dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Keadaan seperti itu terjadi pada pembelajaran PKn di SDN Harjosari Kidul 01 Kabupaten Tegal, yang berakibat pada rendahnya minat dan hasil belajar yang dicapai siswa. Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran PKn, diperlukan metode pembelajaran yang mampu melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa, yaitu metode permainan tebak kata. Tujuan umum penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan metode permainan tebak kata terhadap minat dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Harjosari Kidul 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SDN Harjosari Kidul 01 dengan populasi 46 siswa. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, oleh karena itu seluruh siswa kelas IV akan dijadikan sebagai sampel penelitian.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’s test untuk uji homogenitas, t test untuk uji hipotesis, dan korelasi product moment pearson untuk uji korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan uji independent sample t test, nilai thitung (2,518) > ttabel (2,015) dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan uji one sample t test thitung (3,591) > ttabel (2,074) dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Sedangkan hasil penelitian uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa nilai thitung (2,360) > ttabel (2,015) dengan signifikansi 0,023 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan one sample t test thitung (3,430) > ttabel (2,074). Hipotesis analisis korelasi sederhana antara minat dengan hasil belajar menggunakan metode person correlation yaitu 0,874 termasuk kategori sangat kuat. Hasil penghitungan, thitung (8,333) > ttabel (2,074) dengan signifikansi (0,000 < 0,05). Berdasarkan pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Metode pembelajaran permainan tebak kata efektif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar materi Globalisasi. Selain itu, terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara minat dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Harjosari Kidul 01 yang menggunankan metode permainan tebak kata. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menerapkan metode pembelajaran permainan tebak kata dalam proses pembelajaran di kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, minat belajar, metode permainan tebak kata
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 15 Jan 2018 08:45
    Last Modified: 15 Jan 2018 08:45

    Actions (login required)

    View Item