PENGARUH MINAT SISWA DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN DRUM BAND PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI GUGUS DEWI SARTIKA ADIWERNA TEGAL

Isti Selviana , 1401412067 (2016) PENGARUH MINAT SISWA DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN DRUM BAND PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI GUGUS DEWI SARTIKA ADIWERNA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Seni musik adalah salah satu bagian dari mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD). Seni musik juga dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana penyaluran minat dan bakat siswa. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SD adalah ekstrakurikuler drum band. Ekstrakurikuler drum band merupakan hal baru bagi siswa dan orangtua siswa. Minat siswa terhadap kegiatan drum band berbeda-beda, ada siswa yang minatnya tinggi tetapi ada pula yang minatnya menurun. Perhatian orangtua terhadap kegiatan ini juga berbeda, ada orangtua yang perhatian tetapi ada juga yang kurang perhatian bahkan ada yang tidak mengijinkan anaknya mengikuti kegiatan drum band. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat siswa dan perhatian orangtua terhadap kemampuan bermain drum band pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Gugus Dewi Sartika Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Penelitian ini dilakukan di 5 SD Negeri Gugus Dewi Sartika Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Jumlah populasi penelitian adalah 205 siswa. Adapun jumlah sampel penelitian adalah 136 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dan disproportionate stratified random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, diperoleh 21 item pernyataan valid reliabel angket minat siswa, dan 23 item pernyataan valid reliabel angket perhatian orangtua. Data yang terkumpul kemudian dilakukan analisis menggunakan analisis indeks, analisis deskriptif pedoman konversi lima jenjang, uji prasyarat analisis dan analisis akhir untuk menjawab hipotesis. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dengan pedoman konversi lima jenjang diperoleh hasil kemampuan bermain drum band termasuk dalam kategori sangat tinggi dan tinggi. Nilai indeks variabel minat siswa sebesar 84,42% termasuk dalam kategori tinggi dan nilai indeks variabel perhatian orangtua sebesar76,23% termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis akhir diketahui: (1) ada pengaruh yang signifikan antara minat siswa terhadap kemampuan bermain drum band, hal ini didasarkan hasil uji t bahwa thitung>ttabel yaitu 4,421>1,978 dan pengaruhnya sebesar 23,2%; (2) ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orangtua terhadap kemampuan bermain drum band, hal ini didasarkan hasil uji t bahwa thitung>ttabel yaitu 3,410>1,978 dan pengaruhnya sebesar 19%; (3) ada pengaruh yang signifikan antara minat siswa dan perhatian orangtua terhadap kemampuan bermain drum band, hal ini didasarkan hasil uji F bahwa Fhitung>Ftabel yaitu 27,661>3,064 dan pengaruhnya sebesar 29,4%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bermain Drum Band, Minat, Perhatian Orangtua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 08:45
Last Modified: 15 Jan 2018 08:45

Actions (login required)

View Item