PENGOBATAN PIJAT ANAK DENGAN MEDIA SIKIL KIDANG : KAJIAN TENTANG PRAKTIK ETNOMEDISIN PADA MASYARAKAT DESA KESUGIHAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

Tri Ayunita, 3401412108 (2016) PENGOBATAN PIJAT ANAK DENGAN MEDIA SIKIL KIDANG : KAJIAN TENTANG PRAKTIK ETNOMEDISIN PADA MASYARAKAT DESA KESUGIHAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (230Kb)

    Abstract

    Masalah gangguan tumbuh kembang anak menjadi permasalahan serius dalam keluarga. Masyarakat Desa Kesugihan menghadapi masalah tersebut dengan cara pergi ke pengobatan pijat anak dengan media sikil kidang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Sistem pengetahuan kesehatan pada pengobatan pijat anak dengan media sikil kidang, (2) Praktik pengobatan pijat anak dengan media sikil kidang, dan 3.) Faktor-faktor yang mempengaruhi pasien memilih pijat dengan media sikil kidang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik triangulasi dengan cara membandingkan data pengamatan dan hasil wawancara terhadap dukun, pasien dan warga dari 4 dusun yang ada di Desa Kesugihan. Peneliti kemudian melakukan pengamatan kembali terhadap sumber data dengan maksud mengcroscek data supaya benar-benar valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Sistem pengetahuan kesehatan pada pengobatan pijat anak dengan media sikil kidang berasal dari turun temurun. Penyebab gangguan tumbuh kembang anak pada pengobatan ini, dapat dipandang dengan sistem naturalistik terlihat dari proses penyembuhannya yakni dengan cara dipijat yang bertujuan untuk memulihkan kesehatan pasien, dan sistem personalistik terlihat dari asal-usul penyakit, yakni kesalahan orang yang melanggar pantangan sewaktu hamil dan pernah menyakiti hati orang lain, dansikil kidang sebagai media pijatyang dianggap mempunyai kekuatan;2.) Praktik pengobatan pijat anak balita dilakukansetiap selasa kliwon dan dan jumat kliwon.Media utama yang digunakan adalah sikil kidang, dengan cara mengeluskan sikil kidang pada telapak kaki,lutut, punggung dan pundak pasien.;3.)Faktor yang mempengaruhi pasien memilih pengobatan ini, yaitu pengalaman keberhasilan pasien yang pernah pijat, intervensi keluarga,dan kepercayaan terhadap dukun, serta biaya pengobatan yang terjangkau. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dari hasil penelitian di atas, antara lain sebagai berikut :1). Kepada seluruh masyarakat diharapkan untuk lebih meningkatkan kebutuhan gizi anak dan memperhatikan pantangan yang harus dihindari saat hamil, supaya anak terhindar dari masalah gangguan tumbuh kembang anak; 2). Kepada pemerintah diharapkan mendekatkan akses pelayanan kesehatan pada masyarakat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengobatan tradisional, Pijat, Sikil kidang
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 10 Jan 2018 14:00
    Last Modified: 10 Jan 2018 14:00

    Actions (login required)

    View Item