PERLINDUNGAN KONSUMEN TENTANG STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) ALAT LISTRIK DI KOTA SURAKARTA.

ANITA TRI PUSPITASARI , 8111412094 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN TENTANG STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) ALAT LISTRIK DI KOTA SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN KONSUMEN TENTANG STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) ALAT LISTRIK DI KOTA SURAKARTA.) - Published Version
Download (2650Kb)

    Abstract

    Alat listrik merupakan benda untuk melakukan kegiatan jika menggunakan listrik sebagai sumber energinya dan dapat mengakibatkan kebakaran dengan menggunakan alat listrik yang tidak berstandar. Alat listrik diwajibkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Peredaran alat listrik yang tanpa SNI dan SNI palsu, masyarakat dirugikan karena tidak dapat membedakan. Perlindunngan konsumen dilakukan untuk melindungi kepentingan konsumen. Permasalahan yang dikaji Peneliti (1) Bagaimana Perlindungan Konsumen tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) Alat Listrik di Kota Surakarta ? (2) bagaimana Penyelesaian terhadap Pelanggaran Hukum mengenai Peraturan Standar Nasional Indonesia alat listrik di Kota Surakarta. Tujuan Peneliti (1) Menganalisis Perlindungan Konsumen tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) Alat Listrik di Kota Surakarta (2) Menganalisis Penyelesaian terhadap Pelanggaran Hukum mengenai peraturan Standar Nasional Indonesia alat listrik di Kota Surakarta. Metode penelitian Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan yuridis-empiris. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan studi dokumentasi, data sekunder diperoleh dari tinjauan pustaka. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perlindungan Konsumen tentang SNI Alat Listrik di Kota Surakarta belum optimal karena Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 27 Tahun 2005 Pasal 2 yang memberlakukan wajib SNI bagi alat listrik belum diterapkan, konsumen belum terlindungi akan haknya dari segi tanggung jawab produk tidak terpenuhi karena pelaku usaha tidak mempertanggung jawabkan atas segala resiko barang yang diperdagangkan. (2) masih ada alat listrik yang tidak berlogo SNI termasuk pelanggaran ringan belum sampai kepengadilan. Simpulan Peneliti (1)Perlindungan Konsumen tentang SNI Alat Listrik di Kota Surakarta belum optimal karena Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 27 Tahun 2005 Pasal 2 yang memberlakukan wajib SNI bagi alat listrik belum diterapkan, konsumen belum terlindungi akan haknya dari segi tanggung jawab pelaku usaha kepada konsumen (2) Penyelesaian terhadap Pelanggaran Hukum mengenai peraturan SNI Alat Listrik masih belum optimal masih ada alat listrik yang tidak berlogo SNI dan termasuk pelanggaran ringan karena belum masuk ke litigasi maupun non litigasi dapat diselesaikan secara preventif termasuk teori modifikasi sengketa. Saran Peneliti bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta untuk lebih mengoptimalkan penerapan peraturan yang memberlakukan SNI wajib bagi alat listrik supaya tidak ada lagi alat listrik yang tidak berlogo SNI.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Standar Nasional Indonesia (SNI), Alat Listrik
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    K Law > KB Hukum
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 09 Jan 2018 08:08
    Last Modified: 09 Jan 2018 08:08

    Actions (login required)

    View Item