ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI GUGUS MARTOLOYO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016

Ernawati , 1401412039 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI GUGUS MARTOLOYO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (291Kb)

    Abstract

    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau science dapat disebut sebagai ilmu tentang alam. Ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam ini. Oleh karena itu, IPA dikembangkan menjadi ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang keseluruhan peristiwa alam dalam bentuk mata pelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan Khunaeni, S.Pd, diperoleh informasi bahwa soal UAS gasal mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Gugus Martoloyo tahun ajaran 2015/2016 diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal secara logis. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas butir soal dan pelaksanaan tes pada soal UAS tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 102. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang dianalisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa berkategori sangat tinggi. Jenjang ranah kognitifnya yaitu terdapat 12 (48%) soal berkategori C1, 13 (52%) soal berkategori C2, dan 0 (0%) soal berkategori C3. Ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 5 (20%) soal berkategori sangat signifikan, 8 (32%) soal berkategori signifikan, dan 12 (48%) soal berkategori tidak signifikan. Aspek reliabilitasnya memiliki kriteria tinggi. Ditinjau dari aspek tingkat kesukarannya, terdapat 5 (20%) berkategori sangat mudah, 8 (32%) soal berkategori mudah, 10 (40%) soal berkategori sedang, 1 (4%) berkategori sukar dan 1 (4%) soal berkategori sangat sukar. Ditinjau dari aspek daya pembedanya, terdapat 12 (48%) soal berkategori baik, 9 (36%) soal berkategori cukup, 4 (16%) soal berkategori jelek. Ditinjau dari aspek efektivitas pengecohnya, terdapat 13 (52%) soal berkategori efektif dan 12 (48%) soal berkategori tidak efektif. Pelaksanaan tes tergolong cukup baik. Berdasarkan kajian penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyampaikan beberapa saran yaitu Penyusunan soal sebaiknya terlebih dahulu melakukan tahapan analisis butir soal secara logis rasional dan Distribusi jenjang ranah kognitif sebaiknya lebih diperhatikan kembali, sehingga soal yang akan diujikan kepada siswa memiliki proporsi tingkatan berpikir yang baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis Soal; Mata Pelajaran IPA.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 04 Jan 2018 09:13
    Last Modified: 04 Jan 2018 09:13

    Actions (login required)

    View Item