PENGARUH PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN ANIMALIA DENGAN MODEL EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR DI SMA

Aulia Zulfatu Nisa , 4401412060 (2016) PENGARUH PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN ANIMALIA DENGAN MODEL EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN ANIMALIA DENGAN MODEL EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR DI SMA) - Published Version
Download (534Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi di SMA Negeri 1 Ungaran menunjukkan bahwa pembelajaran animalia yang dilakukan siswa cenderung mengamati gambar daripada objek nyata. Pembelajaran biologi akan lebih baik jika siswa dapat berinteraksi langsung dengan objek nyata yang ada di lingkungan sekitar siswa. Desain pembelajaran animalia dengan model Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) memberikan pengalaman langsung pada proses belajar siswa melalui proses investigasi dengan cara eksplorasi dan berinteraksi langsung dengan objek belajar yaitu hewan yang berasal dari lingkungan sekitar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan desain pembelajaran animalia dengan model EJAS terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ungaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi exsperimental design yang dirancang dengan pola posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ungaran tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, kelas terpilih yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (89,56) lebih tinggi daripada kelas kontrol (77,63), dengan ketuntasan klasikal kelas eksperimen mencapai 92%. Selain itu, hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan 100% siswa aktif. Terhadap pembelajaran animalia dengan model EJAS yang diterapkan, secara keseluruhan guru memberi tanggapan positif, sedangkan siswa memberi tanggapan dengan kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan desain pembelajaran animalia dengan model EJAS berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Ungaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil belajar, Model EJAS, Objek nyata
    Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 03 Jan 2018 08:07
    Last Modified: 03 Jan 2018 08:07

    Actions (login required)

    View Item