KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMA KELAS X


Ayu Gumilang , 4101409001 (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101409001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (270kB) | Preview

Abstract

Permasalahan siswa SMA dalam belajar matematika adalah kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah, ditunjukkan dengan siswa tidak biasa dalam memecahkan soal matematika yang bersifat terbuka, sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematik siswa dengan pendekatan Brain Based Learning (BBL) mencapai ketuntasan belajar dan mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematik siswa dengan pendekatan BBL lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematik siswa pada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Bumiayu tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 307 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan BBL, sedangkan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan kelompok eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Melalui uji statistika dengan bantuan sotfware SPSS diperoleh rata-rata kedua kelompok sampel berbeda signifikan dan hasil uji t menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan BBL efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa kelas X SMA N 1 Bumiayu. Disarankan agar pelaksanaan fase pra-pemaparan lebih ditekankan agar siswa mampu membangun peta konseptual lebih baik sehingga membuat pelaksanaan pembelajaran selanjutnya berjalan lebih cepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, BBL, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:29
Last Modified: 03 Jan 2018 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28840

Actions (login required)

View Item View Item