PENGEMBANGAN NO SMOKING HANDOUT BERBASIS STUDI KASUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM RESPIRASI DI MAN

Windy Oktaviani , 4401412021 (2016) PENGEMBANGAN NO SMOKING HANDOUT BERBASIS STUDI KASUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM RESPIRASI DI MAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN NO SMOKING HANDOUT BERBASIS STUDI KASUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM RESPIRASI DI MAN) - Published Version
Download (522Kb)

    Abstract

    Sumber belajar ditetapkan sebagai informasi yang disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk alat dan bahan ajar. Guru dituntut untuk kreatif dalam mencari dan mengumpulkan sumber belajar serta dapat membuat alat atau bahan ajar yang diperlukan dalam pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran di MAN Pemalang salah satunya yaitu buku paket, namun buku paket bab sistem respirasi pada sub bab bahaya merokok belum terdapat informasi tentang bahaya merokok yang lebih detail sehingga dikembangkan No Smoking Handout. Penelitian bertujuan menganalisis validitas dan kelayakan No Smoking Handout sebagai sumber belajar materi sistem respirasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi penelitian siswa MAN Pemalang, 15 siswa kelas XII sebagai sampel untuk uji skala kecil dan seluruh kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang berjumlah 76 siswa sebagai sampel uji skala luas dengan pengambilan sampel purposive sampling. Validitas No Smoking Handout diukur menggunakan instrumen penilaian buku pelajaran BSNP yang telah dimodifikasi dan disesuaikan, dan kelayakan No Smoking Handout dilihat dari peningkatan hasil tes kognitif siswa dengan desain pengambilan data pre-eksperimental design dengan bentuk one-group pre-test dan post-test design. Hasil penelitian validitas handout meliputi komponen isi sebesar 82,4%, komponen kebahasaan sebesar 82,3%, dan komponen penyajian dan kegrafikan sebesar 77,3% dengan rerata penilaian validator sebesar 80,7% (kriteria valid). Peningkatan hasil kognitif siswa menggunakan No Smoking Handout sebagai sumber belajar dianalisis dengan uji N-gain pada kelas XI MIA 1 sebesar 0,63 dan kelas XI MIA 2 sebesar 0,59, keduanya dengan kriteria sedang dan dengan ditandai hasil belajar kognitif siswa untuk kedua kelas mencapai ketuntasan klasikal pada kelas XI MIA 1 sebesar 84,2% dan kelas XI MIA 2 sebesar 78,9%. Simpulan penelitian ini adalah No Smoking Handout dinyatakan valid oleh pengguna (siswa dan guru), validator materi dan media serta layak digunakan sebagai sumber belajar materi sistem respirasi di MAN.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Katakunci: no smoking handout, sistem respirasi, sumber belajar
    Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 03 Jan 2018 07:22
    Last Modified: 03 Jan 2018 07:22

    Actions (login required)

    View Item