PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DENGAN MEMANFAATKAN LABORATORIUM BIOLOGI DAN KEBUN WISATA PENDIDIKAN UNNES SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Devi Alvitasari , 4401412013 (2016) PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DENGAN MEMANFAATKAN LABORATORIUM BIOLOGI DAN KEBUN WISATA PENDIDIKAN UNNES SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DENGAN MEMANFAATKAN LABORATORIUM BIOLOGI DAN KEBUN WISATA PENDIDIKAN UNNES SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI) - Published Version
Download (430Kb)

    Abstract

    Kegiatan belajar mengajar seharusnya melibatkan peran aktif siswa. Guru dan siswa terlibat dalam sebuah interaksi dengan bahan pelajaran yang digunakan sebagai mediumnya, sehingga siswa lebih aktif, bukan guru yang aktif karena guru hanya berperan sebagai fasilitator. Hasil wawancara dan observasi, pembelajaran biologi di MA Al-Asror Patemon Gunungpati masih berpusat pada guru. Selain itu hasil belajar siswa tahun pelajaran 2014/2015 juga cenderung masih rendah. Sebanyak 33% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM, yaitu 71 terutama pada materi keanekaragaman hayati yang memang membutuhkan pembelajaran secara kontekstual. Laboratorium Biologi dan Kebun Wisata Pendidikan Unnes merupakan tempat yang bisa dijadikan sumer belajar materi keanekaragaman hayati karena ditempat tersebut banyak percontohan tanaman, selain itu lokasinya juga dekat dengan MA Al Asror. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa 100% aktivitas belajar siswa tergolong dalam kriteria sangat aktif. Hasil analisis uji n-gain aktivitas belajar siswa kelas eksperimen diperoleh rerata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Secara kognitif, hasil analisis ketuntasan belajar posttest siswa kelas eksperimen mencapai 96,4% sedangkan kelas kontrol 60,7%. Hasil uji n-gain, kelas eksperimen menunjukan pencapaian kelas eksperimen jauh lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data aspek psikomotorik dan afektif, kelas eksperimen mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol, yaitu 100% siswa masuk kriteria A. Pada aspek afektif di kelas eksperimen 85,7% siswa kriteria sangat baik, dan sisanya pada kriteria baik. Sebesar 98,9% pembelajaran terlaksana dengan baik. Tanggapan siswa sebesar 98,3% mengatakan setuju dengan pendekatan JAS, serta guru juga memberikan tanggapan yang positif terhadap berlangsungnya pembelajaran. Simpulan hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan JAS bersumber belajar Laboratorium Biologi dan Kebun Wisata Pendidikan Unnes berpengaruh signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar materi Keanekaragaman hayati siswa kelas X MA Al Asror Gunungpati

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar, JAS, Kebun Wisata Pendidikan Unnes
    Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 02 Jan 2018 13:46
    Last Modified: 02 Jan 2018 13:46

    Actions (login required)

    View Item