ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH

Annisa Linta Permatasari , 4401411144 (2016) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH) - Published Version
Download (502Kb)

    Abstract

    Sistem pertahanan tubuh merupakan materi yang mengkaji sebuah mekanisme pertahanan tubuh dari serangan penyakit. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam mengajarkan materi ini. Padahal, guru dapat membimbing siswa untuk belajar dengan siswa yang lain melalui pembelajaran kooperatif. Berdasarkan hasil observasi di SMA Kesatrian 1 Semarang, guru pernah menerapkan pembelajaran kooperatif dalam kegiatan pembelajaran, hanya saja masih ditemukan masalah berupa dominasi beberapa siswa selama kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model Everyone is a Teacher Here (ETH) dalam mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Kesatrian 1 Semarang pada materi sistem pertahanan tubuh manusia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan sampel penelitian pada kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata delta hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 27,35 dibanding kelas kontrol yaitu 21,5 dan rata-rata persentase aktivitas klasikal siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 75,3% dibanding kelas kontrol sebesar 53,6%. Hubungan antara aktivitas dan hasil belajar siswa diketahui dari uji korelasi kelas kontrol yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004<0,05 dengan nilai r 0,481 yang berarti terjadi hubungan yang sedang. Sedangkan bagi kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dengan nilai r 0,769 yang berarti terjadi hubungan yang kuat antara aktivitas dan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model ETH dapat diterapkan untuk mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Kesatrian 1 Semarang pada materi sistem pertahanan tubuh manusia. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar kognitif, model ETH, sistem pertahanan tubuh.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar kognitif, model ETH, sistem pertahanan tubuh.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 02 Jan 2018 09:58
    Last Modified: 02 Jan 2018 09:58

    Actions (login required)

    View Item