EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TIMBANGAN MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP PENGUKURAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA SRAGEN

Ima Indarwati, 1601412047 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TIMBANGAN MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP PENGUKURAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (399Kb)

    Abstract

    Penggunaan timbangan manipulatif merupakan media pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan perkembangan kemampuan konsep pengukuran sesuai dengan tingkat perkembangan anak kelompok B. Penggunaan media timbangan manipulatif ini dapat digunakan dengan efektif apabila guru kreatif dalam menggunakan bahan penunjang yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar untuk digunakan dalam mengembangkan konsep pengukuran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media timbangan manipulatif terhadap kemampuan konsep pengukuran panjang, volume, dan berat pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Sragen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 43 anak. Uji hipotesis diperoleh bahwa Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang dilakukan, diperoleh data uji t-test melalui uji perbedaan Paired Sample t-Test pada program SPSS 18.0 for windows nilai t adalah -38,083 dengan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil posttest mengalami peningkatan kemampuan konsep pengukuran yang lebih tinggi dibandingkan hasil pretest. Dilihat dari gambar diagram 4.1 menunjukkan capaian peningkatan nilai mean terjadi pada tiap konsep pengukuran yang diberikan, untuk konsep pengukuran panjang dari awalnya 34,67 menjadi 43,88, untuk konsep volume dari 32,67 menjadi 42,14, dan konsep berat dari 33,42 meningkat menjadi 42,02 dan secara keseluruhan terjadi peningkatan nilai mean tingkat kemampuan konsep pengukuran kelompok B yaitu dari 100,77 menjadi 128,05, sehingga terjadi peningkatan skor sebesar 27,28. Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan media timbangan manipulatif dapat meningkatkan kemampuan konsep pengukuran pada anak kelompok B, sehingga timbangan manipulatif dapat digunakan oleh guru sebagai media pengenalan konsep pengukuran panjang, volume dan berat untuk anak kelompok B.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Kemampuan Konsep Pengukuran, Timbangan Manipulatif
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 28 Dec 2017 11:47
    Last Modified: 28 Dec 2017 11:47

    Actions (login required)

    View Item