REGISTER JUAL BELI HANDPHONE DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK

Muhammad Dhia Thufail , 2111411001 (2016) REGISTER JUAL BELI HANDPHONE DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (415Kb)

    Abstract

    Pada dasarnya register merupakan variasi bahasa khusus yang dipakai oleh kelompok sosial tertentu yang berhubungan dengan profesi atau kejuruan. Penggunaan register bahasa dapat ditemui pada media sosial facebook. Salah satu fitur facebook yang banyak menggunakan register bahasa yaitu forum jual beli. Pada forum jual beli, para pengguna banyak menggunakan istilah-istilah yang sangat khusus. Secara kebahasaan istilah-istilah tersebut sangat menarik perhatian para pembaca atau para pengguna akun facebook lainnya. Berdasarkan hal di atas, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk register jual beli handphone di media sosial facebook? bagaimana fungsi sosial register jual beli handphone di media sosial facebook? dan faktor yang menyebabkan terjadinya register jual beli handphone di media sosial facebook?. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsi bentuk register jual beli handphone di media sosial facebook, mengidentifikasi fungsi sosial register jual beli handphone di media sosial facebook dan mendeskripsi faktor terjadinya register jual beli handphone di media sosial facebook. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu menggunakan pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan secara teoretis menggunakan pendekatan secara sosiolinguistik dan pendekatan secara metodologis yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wacana yang ditulis oleh pengguna grup jual beli handphone di media sosial facebook. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak yang dilanjutkan dengan teknik catat. Selain itu, metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan menggunakan metode agih dan metode padan. Terakhir metode hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berdasarkan bentuk, fungsi dan faktor timbulnya register pada forum jual beli handphone di media sosial facebook; bentuk register meliputi satuan lingual dan asal bahasa. Satuan lingual yaitu mencakup kata dan frasa. Bentuk register berupa kata yaitu kata dasar, kata turunan, kata majemuk dan kata ulang. Dalam kata turunan ditemukan proses pembubuhan afiks yaitu prefiks dan sufiks. Berdasarkan asal bahasanya yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jawa, dan bahasa Arab. Selanjutnya fungsi sosial register adalah (1) merahasiakan, (2) menamai dan, (3) meyakinkan. Kemudian faktor yang menyebabkan terjadinya register yaitu; tingkat usia, tingkat pendidikan dan gender. Saran yang dapat diberikan yaitu, perlu dilakukan penelitian lain yang lebih mendalam dengan kajian yang berbeda seperti kajian semantik yang berkaitan dengan latar belakang perubahan makna dan pragmatik mengenai implikaturnya. Saran kepada para penulis forum jual beli handphone di media sosial facebook. Supaya dalam menggunakan kosakata pada setiap status yang ditulis dapat dipahami oleh pengguna yang lain, sebaiknya menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Indonesia.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: media sosial facebook, register jual beli handphone.
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 27 Dec 2017 13:14
    Last Modified: 27 Dec 2017 13:14

    Actions (login required)

    View Item