PENGARUH PLAGIARISME DALAM MEMBUAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIK PAUD DI GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL

Isti Luthfiana Yulianti , 1601412045 (2016) PENGARUH PLAGIARISME DALAM MEMBUAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIK PAUD DI GUGUS CUT NYAK DIEN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (294Kb)

    Abstract

    Salah satu tugas pendidik PAUD adalah merancang perencanaan pembelajaran, seperti RPPM dan RPPH. Namun, masih terdapat pendidik yang mengutip dan menggunakan perencanaan pembelajaran orang lain tanpa menyertakan sumber atau disebut plagiarisme. Plagiarisme adalah tindakan menjiplak ide, gagasan, atau karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Plagiarisme berdampak pada terhambatnya kreativitas pendidik dalam mengembangkan kemampuannya merancang perencanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh plagiarisme dalam membuat perencanaan pembelajaran pada pendidik PAUD di Gugus Cut Nyak Dien, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dua skala, yaitu skala plagiarisme dan skala kreativitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh pendidik di Gugus Cut Nyak Dien, Kecamatan Margadana yang berjumlah 51 pendidik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa plagiarisme pada pembuatan perencanaan pembelajaran berpengaruh dalam menghambat kreativitas pendidik PAUD di Gugus Cut Nyak Dien, yaitu sebesar 66,4%. Kreativitas pendidik PAUD sebesar 33,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi, dapat disimpulkan bahwa plagiarisme dalam membuat perencanaan pembelajaran berpengaruh signifikan dalam menghambat kreativitas pendidik PAUD di Gugus Cut Nyak Dien. Terhambatnya kreativitas pendidik PAUD juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Pendidik hendaknya meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti pelatihan di bidang PAUD. Lembaga juga hendaknya mengetahui latar belakang pendidik serta membekali pengetahuan merancang perencanaan pembelajaran dan mengutip yang baik dan benar. Peneliti selanjutnya dapat menindak lanjuti penelitian ini dengan melakukan penelitian lebih mendalam untuk membuktikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kreativitas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Plagiarisme, Kreativitas Pendidik PAUD
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 19 Dec 2017 14:20
    Last Modified: 19 Dec 2017 14:20

    Actions (login required)

    View Item