PENERAPAN SENTRA BIODIVERSITY DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AN NAJAH KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN

Yuyun Kurniawati , 1601412021 (2017) PENERAPAN SENTRA BIODIVERSITY DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AN NAJAH KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (371Kb)

    Abstract

    Penelitian ini didasarkan pada data yang diperoleh dari studi pendahuluan yang dilakukan oleh peniliti pada anak usia 5-6 tahun di PAUD An Najah Jatinom. Data yang berdasarkan fakta tersebut menunjukkan bahwa anak memiliki kecerdasan naturalis yang kurang baik. Hal ini mendorong peneliti untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di PAUD An Najah yang awalnya memiliki kecerdasan naturalis kurang baik menjadi lebih baik melalui kegiatan di sentra biodiversity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang penerapan sentra biodiversity dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD An Najah Jatinom. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling (sampel bertujuan). Sampel dalam penelitian ini adalah 30 anak dengan kategori tingkat kecerdasan sangat rendah, rendah, sedang, tinggi dan sanagt tinggi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kecerdasan naturalis dengan jumlah 45 item valid yang sebelumnya telah diuji cobakan sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Sedangkan metode analisis data yaitu diskriptif dan uji hipotesis dengan uji Paired Sample T Test. Tingkat kecerdasan naturalis anak sebelum diterapkan sentra biodiversity, tingkat kecerdasan naturalis anak termasuk dalam kriteria rendah, dan setelah diterapkan sentra biodiversity tingkat kecerdasan naturalis anak menjadi tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan uji Paired Sample t Test diperoleh nilai -t tabel> t hitung> t tabel, yaitu (-2.045 > - 28.253 atau 28.253 > 2.045 ), dengan sig = 0.000, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan sentra biodiversity. Perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari nilai sig 2 tailed <0,05 yaitu 0,000. Selain itu juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh sebelum dan setelah diterapkan sentra biodiversity yaitu 95,97 menjadi 130,17, sehingga terjadi peningkatan skor sebesar 34,20.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sentra Biodiversity, kecerdaan naturalis, anak usia 5-6 tahun
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 19 Dec 2017 14:12
    Last Modified: 05 Apr 2019 10:29

    Actions (login required)

    View Item