PENGARUH INTEGRASI PEER INSTRUCTION DENGAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI EKOLOGI

Alfiyani Tazkiyyah , 4401411035 (2015) PENGARUH INTEGRASI PEER INSTRUCTION DENGAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI EKOLOGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (https://www.youtube.com/watch?v=cplXP0ea3G0) - Published Version
Download (767Kb)

    Abstract

    Pembelajaran dengan mengintegrasikan peer instruction dan inkuiri terbimbing mengarahkan peserta didik untuk lebih memahami konsep dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh integrasi peer instruction dan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi ekologi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperiment dengan desain non randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Demak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenient sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA5 (kelas eksperimen) dan kelas XMIA 6 (kelas kontrol). Berdasarkan hasil uji t diketahui (t hitung> t tabel) dengan signifikansi< 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada aspek kognitif, psikomotorik, afektif dan keterampilan proses sains. Setelah diuji N-Gain nilai gain kelas eksperimen 0,4 dan kelas kontrol 0,3 sehingga tergolong sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah integrasi peer instruction dengan inkuiri terbimbing pada materi ekologi berpengaruh positif terhadap skor test hasil belajar dan keterampilan proses sains pada materi ekologi di SMA Negeri 1 Demak. Oleh karena itu integrasi peer instruction dengan inkuiri terbimbing, dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains pada materi ekologi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peer instruction, inkuiri terbimbing, hasil belajar, keterampilan proses sains
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 15 Dec 2017 07:38
    Last Modified: 15 Dec 2017 07:38

    Actions (login required)

    View Item