HUBUNGAN ANTARA STRES DALAM MENYUSUN SKRIPSI DENGAN PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK

Dwi Irma Ningsih , 1511411022 (2016) HUBUNGAN ANTARA STRES DALAM MENYUSUN SKRIPSI DENGAN PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (348Kb)

    Abstract

    Stres yang dialami mahasiswa berpengaruh pada meningkatnya perilaku kecurangan akademik. Stresor dalam menyusun skripsi dianggap sebagai hal yang negatif dan mengancam, sehingga disinyalir akan meningkatkan timbulnya perilaku kecurangan akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres dalam menyusun skripsi dengan perilaku kecurangan akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1343 mahasiswa angkatan 2009-2011 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, yang mengambil mata kuliah skripsi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 134 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala stres dalam menyusun skripsi dan skala perilaku kecurangan akademik. Skala stres dalam menyusun skripsi terdiri dari 41 aitem, mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,260 sampai dengan 0,570 pada taraf signifikansi 1%, dan koefisien reliabilitas sebesar 0,904. Sedangkan skala perilaku kecurangan akademik terdiri dari 28 aitem, mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,180 sampai dengan 0,589 pada taraf signifikansi 1%, dan koefisien reliabilitas sebesar 0,838. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan data berdistribusi normal dan linier. Hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara stres dalam menyusun skripsi dengan perilaku kecurangan akademik diterima. Semakin tinggi stres yang dialami mahasiswa saat menyusun skripsi maka semakin tinggi perilaku kecurangan akademik. Untuk mengurangi stres, mahasiswa dapat memilih jenis coping stres yang sesuai dengan diri masing-masing. Untuk mengurangi perilaku kecurangan akademik, Perguruan Tinggi dapat memperbaiki sistem pengawasan dan memperbaiki prosedur serta dapat pula menerapkan sistem yang dapat mendeteksi dan meminimalisir perbuatan curang yang dilakukan mahasiswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku kecurangan akademik seperti pola hidup hedonisme, motivasi, kepribadian, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Stres, Skripsi, Kecurangan Akademik
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: Indah Tri Pujiati
    Date Deposited: 13 Dec 2017 11:52
    Last Modified: 13 Dec 2017 11:52

    Actions (login required)

    View Item