EVALUASI MODEL STAKE PADA PELAKSANAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP 1 KUDUS KABUPATEN KUDUS TAHUN 2015/2016

Nur Asih , 1102412029 (2016) EVALUASI MODEL STAKE PADA PELAKSANAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP 1 KUDUS KABUPATEN KUDUS TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (306Kb)

    Abstract

    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan program baru yang ada pada kurikulum 2013. Meleburnya mata pelajaran TIK ke dalam setiap mata pelajaran di kurikulum 2013, menuntut semua elemen di sekolah harus melek TIK. Dengan demikian, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dengan memasukkan TIK dalam kurikulum 2013 dalam bentuk layanan TIK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui bagaimana guru TIK dalam menyusun perencanaan layanan TIK pada kurikulum 2013, 2) mengetahui pelaksanaan pemberian layanan TIK yang diberikan guru TIK, 3) mengetahui cara guru TIK dalam mengevaluasi hasil layanan TIK yang telah diberikan, dan 4) mengetahui hambatan hambatan yang dialami oleh guru TIK dalam mengimplementasikan layanan TIK pada kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi evaluatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model countenance (model Stake) dalam mengevaluasi program yang diteliti yang terbagi menjadi tiga aspek yaitu perencanaan (antecedent), pelaksanaan (transaction), dan evaluasi hasil (outcomes). indikator keberhasilan yang digunakan disusun berdasarkan PERMENDIKBUD No. 45 Tahun 2015 dan juknis pelaksanaan layanan TIK. Lokasi penelitian ini adalah SMP 1 Kudus. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru TIK dan informan pendukung adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam menelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi hasil penelitian diperoleh dengan cara triangulasi data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) perencanaan layanan TIK di SMP 1 Kudus sudah berjalan cukup baik sesuai dengan indikator keberhasilan progam, 2) pelaksanaan layanan TIK di SMP 1 Kudus sudah berjalan baik sesuai dengan indikator keberhasilan program yang telah ditentukan, 3) hasil layanan TIK di SMP 1 Kudus masih belum terlaksana dengan baik sesuai dengan indikator keberhasilan program, 4) hambatan- hambatan yang dialami mulai dari pelaksana layanan hingga penerima layanan. Pelaksana layanan seperti media layanan keaktifan peserta didik, bentuk penilaian, dan bentuk peraporan. Sedangkan dari pihak penerima layanan seperti waktu mengajar, pemahaman aplikasi, pemahaman guru tentang layanan TIK, kondisi kelas, waktu layanan yang singkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Layanan, TIK, guru TIK Layanan
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 13 Dec 2017 09:52
    Last Modified: 13 Dec 2017 09:52

    Actions (login required)

    View Item