Pengaruh Net Profit Margin, Quick Ratio, Total Asset Turnover terhadap Dividend Yield pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI.

Reni Susanti, 3351405024 (2009) Pengaruh Net Profit Margin, Quick Ratio, Total Asset Turnover terhadap Dividend Yield pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Net Profit Margin, Quick Ratio, Total Asset Turnover terhadap Dividend Yield pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI.) - Submitted Version
Download (480Kb)

    Abstract

    Kebijakan dividen merupakan bagian yang menyatu dengan keputusan pendanaan perusahaan. Kebijakan tersebut akan melibatkan dua pihak yang berkepentingan dan saling bertentangan, yaitu kepentingan perusahaan dengan laba ditahannya dan kepentingan para pemegang saham dengan dividennya. Kebijakan dividen dari suatu perusahaan merupakan fungsi dari beberapa faktor. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan kebijakan dividen antara lain adalah tingkat profitabilitas, likuiditas dan aktivitas perusahaan. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah secara simultan dan parsial Net Profit Margin, Quick Ratio, Total Asset Turnover berpengaruh terhadap Dividend Yield pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan Net Profit Margin (NPM), Quick Ratio (QR), Total Asset Turnover (TATO) terhadap Dividend Yield (DY) secara simultan dan parsial pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan Manufaktur yang membagikan dividen dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2007 berjumlah 40 perusahaan. Sedangkan populasi sasaran berjumlah 25 perusahaan. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 12. Dari hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = -0,460 + 0,09548NPM + 0,00392QR + 0,01893TATO. Secara simultan tidak ada pengaruh NPM, QR, TATO terhadap DY. Pengaruh tersebut sebesar 13.9% dan selebihnya 86.1% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar penelitian ini. Secara parsial ketiga variabel yaitu NPM, QR dan TATO tidak berpengaruh terhadap DY, namun ketiga variabel tersebut berpengaruh positif terhadap DY. Faktorfaktor fundamental yang secara teoritis harusnya mempengaruhi DY ternyata tidak dapat terbukti semuanya. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa baik secara simultan maupun secara parsial tidak ada pengaruh antara Net Profit Margin, Quick Ratio, Total Assets Turnover terhadap Dividend Yield pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari penelitian ini dapat diambil saran yaitu bagi penelitian mendatang sebaiknya tidak hanya meneliti sebatas faktor fundamental, tetapi seberapa besar pengaruh faktor teknikal dan kejadian aktual dapat mempengaruhi kebijakan dividen, pergerakan harga dan volume perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin, Quick Ratio, Total Asset Turnover dan Dividend Yield.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 25 Mar 2011 02:44
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:57

    Actions (login required)

    View Item