Kelelahan Emosi (Emotional Exhaustion) Pada Mahasiswa Yang Bekerja Paruh Waktu (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Yang Bekerja Paruh Waktu)

Yanuar Alifandi , 1511411079 (2016) Kelelahan Emosi (Emotional Exhaustion) Pada Mahasiswa Yang Bekerja Paruh Waktu (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Yang Bekerja Paruh Waktu). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (320Kb)

    Abstract

    Mahasiswa adalah mereka yang sedang belajar di perguruan tinggi. Ada mahasiswa yang menggunakan waktu luangnya di luar perkuliahan dengan bekerja paruh waktu. Hal ini berpotensi memunculkan kelelahan emosi. Kelelahan emosi (emotional exhaustion) merupakan kelelahan pada individu yang berhubungan dengan perasaan pribadi dan terkurasnya sumber-sumber emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kelelahan emosi yang terjadi pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa yang bekerja paruh waktu, Mahasiswa di atas semester 5. Jumlah sampel sebanyak 113 orang. Teknik sampling yang dipakai, yaitu accidental sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala kelelahan emosi. Secara umum hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa yang bekerja mengalami kelelahan emosi yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa yang bekerja yang termasuk dalam kategori tersebut yaitu 64,60% atau 73 mahasiswa ditinjau dari dua aspek yaitu kelelahan perasaan pribadi dan terkurasnya sumber emosi. Aspek kelelahan perasaan pribadi memperoleh hasil terbanyak 34,51% atau 39 mahasiswa termasuk dalam kategori sedang, aspek terkurasnya sumber emosi memperoleh hasil terbanyak sebesar 69,91% atau 79 mahasiswa termasuk dalam kategori sedang. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa mahasiswa yang kuliah sambil bekerja memiliki kelelahan emosi yang sedang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kelelahan Emosi, Mahasiswa, Paruh Waktu
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 11 Dec 2017 11:51
    Last Modified: 11 Dec 2017 11:51

    Actions (login required)

    View Item