KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) DI SD NEGERI DABIN IV KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL

Defi Darnita , 1401412570 (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) DI SD NEGERI DABIN IV KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (324Kb)

    Abstract

    Pendidikan SBK merupakan pendidikan yang berbasis budaya. Pendidikan SBK diberikan di sekolah karena keunikanya yang tak dapat diemban oleh mata pelajaran lain. Salah satu pendidikan SBK adalah seni musik yang mencakup tiga kegiatan, yaitu kegiatan bernyanyi, kegiatan bermain musik, dan kegiatan apresiasi. Kegiatan musikal yang sangat dianjurkan pada pengajaran musik di sekolah dasar adalah kegiatan bernyanyi. Bernyanyi adalah suatu bentuk kegiatan seni untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan manusia melalui suaranya. Kegiatan bernyanyi dapat membantu siswa dalam mengembangankan kecerdasan otaknya. Peran guru dalam pembelajaran bernyanyi sangat penting. Guru perlu merencanakan, memilih, serta mempersiapkan pembelajaran dengan baik agar kegiatan pembelajaran menjadi bermakna, bermanfaat, dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bernyanyi pada mata pelajaran SBK di SD Negeri Dabin IV Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran bernyanyi, dengan lima indikator yaitu pemahaman terhadap siswa, perancangan pembelajaran bernyanyi, pelaksanaan pembelajaran bernyanyi, evaluasi hasil belajar bernyanyi, dan pengembangan potensi siswa. Sampel penelitian ini ialah guru di SD Negeri Dabin IV Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal yang berjumlah 46 orang, meliputi SD Negeri Kemandungan 1, SD Negeri Kemandungan 2, SD Negeri Kemandungan 3, SD Negeri Tegalsari 4, SD Negeri Tegalsari 5, SD Negeri Tegalsari 12, SD Negeri Muarareja 1, SD Negeri Muarareja 2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Berdasarkan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa secara umum, guru dalam pembelajaran bernyanyi berada pada kategori sedang. Hasil penghitungan dari 46 responden, diperoleh mean 87 berada diantara interval 60- 90, sehingga termasuk kategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dari lima indikator kompetensi pedagogik guru berada pada kategori sedang semua. Oleh karena itu, diharapkan para guru agar lebih menambah wawasan dan pengetahuan tentang bernyanyi, baik teori maupun praktik, sehingga guru dapat melaksanakan pembelajaran secara optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Guru, Kompetensi Pedagogik, Seni Budaya dan Keterampilan
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 07 Dec 2017 11:03
    Last Modified: 07 Dec 2017 11:03

    Actions (login required)

    View Item