KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI KELAS V SD NEGERI PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL

Silvia Novabriani , 1401412569 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI KELAS V SD NEGERI PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (498Kb)

    Abstract

    IPA merupakan mata pelajaran eksak yang mengkaji tentang makhluk hidup dan proses kehidupannya, benda atau materi, energi dan perubahan, serta bumi dan alam semesta. Tujuan pembelajaran IPA di SD yaitu mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pembelajaran yang berkualitas. Sayangnya, pembelajaran IPA di SD masih didominasi dengan media pembelajaran konvensional yang membuat siswa pasif, sehingga minat dan hasil belajar yang diperoleh siswa kurang optimal. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Salah satunya yaitu media pembelajaran audio visual. Media pembelajaran audio visual merupakan salah satu media pembelajaran aktif. Penerapan media pembelajaran ini yaitu dengan menampilkan video pembelajaran di dalam kelas serta menggunakan metode diskusi di dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar materi Struktur Bumi dan Matahari. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal, yang terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasy experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t test dan uji pihak kanan one sample t test. Hasil perhitungan uji t pada minat belajar siswa menunjukkan nilai thitung= 2,621, dan pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai thitung= 3,243. Nilai thitung tersebut lebih besar dari nilai ttabel, 2,621 > 2,014 dan 3,243 > 2,014, maka keputusanya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji keefektifan melalui uji pihak kanan pada minat belajar siswa menunjukkan nilai thitung= 3,827, dan pada hasil belajar thitung= 4,605. Nilai thitung tersebut lebih besar dari nilai ttabel, 3,827 > 2,069 dan 4,605 > 2,069, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga diperoleh kesimpulan pada penelitian ini yaitu media audio visual efektif terhadap minat dan hasil belajar materi Struktur Bumi dan Matahari siswa kelas V SD Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan media audio visual dalam pembelajaran IPA khususnya materi Struktur Bumi dan Matahari.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Minat Belajar, dan Hasil Belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 07 Dec 2017 10:58
    Last Modified: 07 Dec 2017 10:58

    Actions (login required)

    View Item