PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DAERAH BINAAN I KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Evie Masyithoh , 1401412568 (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DAERAH BINAAN I KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (283Kb)

    Abstract

    Hasil belajar Matematika tidak hanya dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran di sekolah, namunjuga karena rangsangan dari lingkungan sekitar dan motivasi siswa. Lingkungan sekitar yang dapat memengaruhi hasil belajar Matematika salah satunya adalah keluarga, terutama orangtua. Orangtua yang kurang memerhatikan pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya, dan sebaliknya. Selain dari perhatian orangtua, motivasi belajar siswa juga berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika, jika siswa memiliki motivasi belajar yang rendah, maka hasil belajar yang diperoleh juga akan rendah, begitu pula sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika kelas V SD Negeri Daerah Binaan I Kecamatan Parakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian expost facto.Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas V SD Negeri Daerah Binaan I Kecamatan Parakansebanyak328 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Issac dan Michaeldengan taraf signifikansi(α) = 0,05, sehingga diperoleh sampel sebanyak 172siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t satu sampel, data perhatian orangtua menunjukkan bahwa thitung>ttabel(17,086 > 1,974) dan sig. 0,000 < 0,05, data motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa thitung>ttabel (23,612 > 1,974) dan sig. 0,000 < 0,05, serta data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung>ttabel (5,074> 1,974) dan sig. 0,000 < 0,05. Sementara, hasil uji hipotesis mengunakan analisis regresi dengansignifikansi 0,05 diperoleh hasil pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar Matematika, │R│sebesar 0,578, (R2)sebesar 33,4%, dan thitung> ttabel (11,543 >1,974), hasil pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika │R│sebesar 0,641, (R2)sebesar 41,1%, dan thitung> ttabel (29,852 >1,974), hasil pengaruh perhatian orangtua terhadap motivasi belajar │R│sebesar 0,689, (R2) sebesar 47,5%, dan thitung> ttabel (42,454 >1,974), serta hasil pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika│R│sebesar 0,668, (R2) sebesar 44,6%, dan fhitung>ftabel (68,065 > 3,049). Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikansebesar 44,6% antara perhatian orangtua dan motivasi belajar siswaterhadap hasil belajar Matematika kelas V sekolah dasar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar Siswa
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 07 Dec 2017 10:51
    Last Modified: 07 Dec 2017 10:51

    Actions (login required)

    View Item