PENGARUH PERAN GURU DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SEKOLAH BINAAN 1 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES

Septia Sri Sunarsih , 1401412562 (2016) PENGARUH PERAN GURU DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SEKOLAH BINAAN 1 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (339Kb)

    Abstract

    Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa dalam proses pembelajaran. Pencapaian prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor tersebut yaitu factor sekolah, meliputi peran guru dalam pembelajaran serta kedisiplinan siswa. Hal ini diketahui bahwa peran guru dan kedisiplinan siswa memengaruhi prestasi belajar siswa. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto.Variabel pada penelitian ini, yaitu peran guru dan kedisiplinan siswa sebagai variabel bebas, serta prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 220 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, dan tabel Krecjie dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 140 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Pengujian hipotesis dalam penulisan ini menggunakan uji t satu sampel, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase rata-rata yang diperoleh pada variabel peran guru lebih besar dari 70%, artinya guru-guru kelas V telah melaksanakan perannya dengan baik di dalam proses pembelajaran; (2) persentase rata-rata yang diperoleh pada variabel kedisiplinan siswa lebih besar dari 75%, artinya kedisiplinan yang diterapkan siswa kelas V sudah baik; (3) persentase rata-rata yang diperoleh pada variabel prestasi belajar siswa lebih besar dari 65%, artinya prestasi belajar yang dicapai siswa di sekolah sudah cukup baik; (4) terdapat pengaruh peran guru terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 23,4%; (5) terdapat pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 24,2%; dan (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran guru dan kedisiplinan siswa; (7) terdapat pengaruh peran guru dan kedisiplinan siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dariFtabel yaitu 26,121 > 3,062 dengan sumbangan pengaruh sebesar 27,6%. Penulis menyarankan supaya guru dapat mengoptimalkan perannya dalam pembelajaran, dan sekolah melakukan pengawasan dalam pelaksanaan tata tertib, yang berkaitan dengan kedisiplinan siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kedisiplinan siswa, peran guru, prestasi belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 07 Dec 2017 10:47
    Last Modified: 07 Dec 2017 10:47

    Actions (login required)

    View Item