KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR CERPEN KELAS V SD NEGERI 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Wikawan Indra Waluyo , 1401412558 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR CERPEN KELAS V SD NEGERI 1 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (517Kb)

    Abstract

    Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Namun sayangnya, pembelajaran bahasa Indonesia di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pembelajaran yang efektif untuk mengoptimalkan hasil belajar dan melatih kemampuan sosial siswa. Model Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran yang dikemas dengan pemainan antar kelompok. Permainan tersebut bermanfaat untuk mengulang kembali materi yang sudah didapatkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi Cerpen pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kejobong Kabupaten Purbalingga. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Kejobong Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 69 siswa yang terdiri dari 34 di kelas eksperimen dan 35 di kelas kontrol. Sampel yang diambil sebanyak 34 di kelas eksperimen dan 35 di kelas kontrol. Desain yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’s test untuk uji homogenitas, dan t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel ttest, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,718 > 1,996) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Sementara itu, data hasil belajar siswa menunjukan bahwa bahwa thitung > ttabel (2,673 > 1,996) dan signifikansinya 0,009 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dan model konvensional. Berdasarkan hasil pengujian keefektifan metode dengan menggunakan one sample t test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (9,216 > 2,035). Sementara itu, hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,213 > 2,035). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) efektif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu, hendaknya guru menerapkan model Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran di kelas, agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, model Teams Games Tournament (TGT)
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 07 Dec 2017 10:28
    Last Modified: 07 Dec 2017 10:28

    Actions (login required)

    View Item