Penerapan Asessmen Alternatif pada Strategi Jelajah Alam Sekitar untuk Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi di SMA

Ayuanita Nursani Widyastuti , 4401411019 (2016) Penerapan Asessmen Alternatif pada Strategi Jelajah Alam Sekitar untuk Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi di SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Asessmen Alternatif pada Strategi Jelajah Alam Sekitar untuk Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi di SMA) - Published Version
Download (650Kb)

    Abstract

    Proses belajar yang diharapkan dari kurikulum ini bukan sekedar membahas materi dalam buku-buku pelajaran atau menginformasikan pengetahuan kepada siswa, melainkan menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung kepada siswa untuk memahami gejala yang terjadi. Kegiatan belajar mengajar yang diciptakan merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dalam proses pembelajaran biologi, siswa masih kurang berminat mempelajari materi karena banyak hal yang harus dihafal. Berdasarkan hasil observasi pada mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 3 PATI menunjukkan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil ujian tengah semester gasal, KKM yang ditetapkan disekolah tersebut sebesar 70, sementara nilai siswa yang mencapai lebih dari 70 baru sebesar 70 % sehingga jumlah siswa yang belum tuntas pada Ujian tengah semester ganjil masih sebesar 30%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas proses pembelajaran materi sistem reproduksi menggunakan strategi jelajah alam sekitar dimana diterapkan asessmen alternatif di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian Pre test – Post test One Group Design sedangkan desain pada penelitian ini hanya melibatkan satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pati, dengan sampelnya yaitu kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 sebagai kelompok eksperimen. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dengan memperhatikan ciri-ciri relatif yang dimiliki kelas tersebut, yaitu siswa mendapatkan materi berdasarkan kurikulum yang sama dan pembagian kelas bukan berdasarkan rangking (tidak ada kelas unggulan) sehingga siswa sudah tersebar secara acak pada kelas yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada tiga ranah penilaian sudah memenuhi kriteria yaitu ≥ 75% berada diatas KKM yang sudah ditentukan. Jumlah siswa yang berada diatas KKM pada nilai ranah kognitif sebanyak 71 siswa, pada ranah afektif sebanyak 68 siswa dengan sikap baik sedangkan untuk ranah psikomotorik yang diatas KKM sebanyak 65 siswa. Hasil ini sudah sesuai dengan target penelitian, berdasarkan nilai peningkatan relatif dinyatakan bahwa nilai g < 0,7 atau berada pada angka 0,69 yang menunjukkan bahwa peningkatan nilai hasil belajar berada pada kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan asessmen alternatif pada jelajah alam sekitar efektif digunakan terhadap proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Asessmen Alternatif, Hasil Belajar, Jelajah Alam Sekitar
    Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Q Science > QM Human anatomy
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 07 Dec 2017 10:10
    Last Modified: 07 Dec 2017 10:10

    Actions (login required)

    View Item