STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI TEMBOKLUWUNG 01 KABUPATEN TEGAL

Mulaida Zuhviana , 1401412555 (2016) STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI TEMBOKLUWUNG 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (280Kb)

    Abstract

    Pembelajaran PKn di SD biasanya masih menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran konvensional tidak memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk mengkontruksikan pengetahuannya. Pembelajaran yang baik adalah yang mampu mengaktifkan siswa dan hasil belajar optimal. Proses pembelajaran yang demikian dapat terwujud melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif, seperti MAM dan ICM. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang relevan, menunjukkan bahwa model pembelajaran MAM dan ICM efektif terhadap motivasi dan hasil belajar PKn. Kedua model pembelajaran tersebut efektif, namun belum dapat diketahui model pembelajaran yang lebih efektif terhadap motivasi dan hasil belajar PKn antara MAM dan ICM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran MAM dan ICM terhadap motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Tembokluwung 01 Kabupaten Tegal pada materi Globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Tembokluwung 01 Kabupaten Tegal sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri Tembokluwung 02 Kabupaten Tegal sebagai kelas konvensional. Jumlah populasi sebanyak 88 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas IVA dan 29 siswa kelas IVB SD Negeri Tembokluwung 01 Kabupaten Tegal, serta 29 siswa kelas IVB SD Negeri Tembokluwung 02 Kabupaten Tegal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi studi documenter, angket, tes, dan observasi. Pada analisis akhir menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji Manova dengan uji lanjut LSD. Tingkat keefektifan model pembelajaran menggunakan uji one sample t-test. Hasil uji LSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan konvensional. Uji perbedaan motivasi dan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 dapat dilihat dari nilai sig < 0,05 (0,048 < 0,05 dan 0,023 < 0,05), maka Ho ditolak. Jadi, antara kelas eksperimen 1 berbeda dengan kelas eksperimen 2. Setelah uji perbedaan, dilakukan uji keefektifan di ketiga kelas. Uji keefektifan motivasi dan hasil belajar di kelas eksperimen 1 dan 2 menunjukkan bahwa thitung > ttabel (16,153 > 2.002) dan thitung > ttabel (3,579 > 2.002), maka Ho ditolak. Data menunjukkan bahwa model pembelajaran MAM lebih efektif dibanding model pembelajaran ICM terhadap motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD materi Globalisasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Make A Match (MAM), Index Card Match (ICM), Motivasi Belajar, Hasil Belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Dec 2017 12:20
    Last Modified: 06 Dec 2017 12:20

    Actions (login required)

    View Item