ANALISIS KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR IPS SERTA PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN KELAS TINGGI DI SD GUGUS WIRAYUDA KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Novita Ngasrianti , 14014112545 (2016) ANALISIS KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR IPS SERTA PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN KELAS TINGGI DI SD GUGUS WIRAYUDA KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (583Kb)

    Abstract

    IPS adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan atau interaksi antarmanusia sebagai bagian dari kelompok sosial serta lingkungannya, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosialnya. Bahan pembelajaran IPS diambil dari berbagai ilmu-ilmu sosial, seperti: geografi, sejarah, ekonomi, antropologi, sosiologi, politik, dan psikologi. Agar dapat tercipta pembelajaran IPS yang baik, maka diperlukan suatu sarana yang dapat mendukung pembelajaran. salah satu sarana tersebut adalah media pembelajaran dan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan ketersediaan media pembelajaran visual IPS Sekolah Dasar di Gugus Wirayuda Kedungbanteng Banyumas; (2) menganalisis pemanfaatan sumber belajar cetak dalam pembelajaran IPS kelas tinggi Sekolah Dasar di Gugus Wirayuda Kedungbanteng Banyumas; (3) mendeskripsikan ketersediaan sumber belajar cetak IPS Sekolah Dasar di Gugus Wirayuda Kedungbanteng Banyumas; (4) menganalisis pemanfaatan sumber belajar cetak dalam pembelajaran IPS kelas tinggi Sekolah Dasar di Gugus Wirayuda Kedungbanteng Banyumas. Populasi pada penelitian ini adalah 24 guru dan teknik sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas IV, V, dan VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Termasuk dalam statistik deskriptif antara lain adalah penyajian data melalui tabel, grafik, diagram lingkaran, pictogram, perhitungan modus, median, mean (pengukuran tendensi sentral), perhitungan desil, persentil, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, perhitungan persentase. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan analisis data persentase berdasarkan rumus Azwar. Hasil penelitian yaitu; (1) tingkat ketersediaan media pembelajaran visual berupa KIT IPS dan Bentang Alam di SD Gugus Wirayuda Kedungbanteng Banyumas berada pada kategori sedang; (2) tingkat pemanfaatan media pembelajaran visual IPS di SD Gugus Wirayuda Kedungbanteng Banyumas berada pada kategori rendah; (3) tingkat ketersediaan sumber belajar cetak IPS di SD Gugus Wirayuda Kedungbanteng Banyumas berada pada kategori sedang; (4) pemanfaatan sumber belajar cetak IPS oleh guru-guru kelas tinggi di SD Gugus Wirayuda Kedungbanteng Banyumas berada pada kategori tinggi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Sumber Belajar, IPS
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Dec 2017 12:10
    Last Modified: 06 Dec 2017 12:10

    Actions (login required)

    View Item