KEEFEKTIFAN MODEL VCT DENGAN PERMAINAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI SIDOMULYO 2 KABUPATEN MAGELANG

Imanis Destrya Sari , 1401412544 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL VCT DENGAN PERMAINAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI SIDOMULYO 2 KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (309Kb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran Pkn dalam pelaksanaannya masih menerapkan metode ceramah, sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan membosankan. Pembelajaran yang demikian menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Metode pembelajaran VCT dengan Permainan dapat dijadikan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran PKn. Dengan menerapkan metode pembelajaran VCT dengan Permainan, dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran VCT dengan Permainan terhadap motivasi dan hasil belajar afektif siswa pada pembelajaran PKn materi globalisasi. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Sidomulyo 2 Kabupaten Magelang. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 54 orang siswa yang terdiri dari 27 orang siswa dari kelas eksperimen dan 27 orang siswa dari kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji keefektifan menggunakan one sample t test. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel ttest, data motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,609> 2,007) dan signifikansinya 0,001 < 0,05. Sementara itu, data hasil belajar afektif siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,770 > 2,007) dan signifikansi 0,004 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar afektif PKn antara siswa kelas IV yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran VCT dengan Permainan dibandingkan dengan yang menerapkan metode ceramah. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji hipotesis dua sampel independen, data motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (9,004 > 2,007). Sementara itu, hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,615 > 2,007). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran VCT dengan Permainan lebih efektif terhadap motivasi dan hasil belajar afektif PKn siswa dibandingkan dengan yang menerapkan metode ceramah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model VCT dengan Permainan; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Afektif Siswa
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Dec 2017 12:06
    Last Modified: 06 Dec 2017 12:06

    Actions (login required)

    View Item