ANALISIS KETERSEDIAAN MEDIA DAN TINGKAT PEMAHAMAN MODEL PEMBELAJARAN PKn DALAM PENGGUNAANNYA DI KELAS TINGGI SD DABIN III KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO

Yantri Hayumita , 1401412540 (2016) ANALISIS KETERSEDIAAN MEDIA DAN TINGKAT PEMAHAMAN MODEL PEMBELAJARAN PKn DALAM PENGGUNAANNYA DI KELAS TINGGI SD DABIN III KECAMATAN SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (325Kb)

    Abstract

    PKn adalah mata pelajaran yang wajib. Tetapi kenyataannya PKn tidak terlalu diminati oleh siswa kelas tinggi, salah satu penyebabnya adalah media dan model pembelajaran. Maka peneliti ingin menganalisis bagaimana ketersediaan media dan tingkat pemahaman model pembelajaran PKn dalam penggunaannya di kelas tinggi. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketersediaan media dan tingkat pemahaman model pembelajaran PKn dalam penggunaannya di kelas tinggi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Variabel penelitian terdiri dari 3 variabel, yaitu ketersediaan media, tingkat pemahaman model dan penggunaan. Populasi penelitian adalah guru kelas tinggi sekolah dasar Dabin III Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 30 guru berasal dari 10 SD penelitian. Setelah data penelitian diperoleh, kemudian diuji validitas dan reliabilitas menggunakan Person Product Moment dan Cronbach Alpha kemudian dianalisis statistik deskriptif berdasarkan rumus Azwar. Berdasarkan analisis statistik deskriptif secara umum, mean ketersediaan media pembelajaran PKn adalah 58,3 masuk kategori sedang, mean tingkat pemahaman model pembelajaran PKn adalah 41,9 masuk kategori sedang, mean penggunaan media adalah 38,63 masuk kategori sedang dan mean penggunaan model adalah 48,53 masuk kategori sedang. Hasil penelitian secara umum adalah sedang. Sehingga peneliti menyarankan agar guru lebih meningkatkan ketersediaan media dan tingkat pemahaman model pembelajaran PKn.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ketersediaan Media; Penggunaan Media; Penggunaan Model; PKn; Tingkat Pemahaman Model
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Dec 2017 11:58
    Last Modified: 06 Dec 2017 11:58

    Actions (login required)

    View Item