ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI SMA DI KOTA SEMARANG DAN PEMECAHANNYA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Sinta Ayuningrum , 4401410086 (2016) ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI SMA DI KOTA SEMARANG DAN PEMECAHANNYA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (577Kb)

    Abstract

    Keberhasilan Kurikulum 2013 terutama dipengaruhi oleh kemampuan guru yang mengaktualisasikan kurikulum. Hambatan yang ditemui guru dapat berpengaruh pada kinerja guru dalam pembelajaran. Kinerja guru penting dalam mewujudkan pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan dan mendeskripsikan pemecahan hambatan guru Biologi SMA di kota Semarang dalam implementasi Kurikulum2013. Hasil observasi awal di sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013 di kota Semarang menunjukkan guru Biologi kelas X mengalami hambatan pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan dan mendeskripsikan upaya pemecahan hambatan guru Biologi SMA di kota Semarang dalam implementasi Kurikulum 2013 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA N 2, SMA N 5, SMA N 13, SMA Kesatrian 1, dan SMA Kesatrian 2 Kota Semarang pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Sumber data penelitian adalah guru Biologi, siswa kelas X, dan dokumen RPP Biologi. Data tentang hambatan guru Biologi SMA dalam perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 diperoleh dengan menggunakan angket guru dan dokumen RPP. Hambatan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran diperoleh dengan menggunakan angket guru dan angket siswa. Pedoman wawancara digunakan sebagai data tambahan tanggapan guru Biologi SMA terhadap implementasi Kurikulum 2013. Hasil penelitian berupa hambatan guru pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran kualitas RPP guru tergolong sangat baik dan hambatan guru dalam menyusun RPP tergolong rendah. Pada pelaksanaan pembelajaran tergolong hambatan sedang dan tanggapan siswa terhadap implementasi Kurikulum 2013 tergolong baik. Pada evaluasi pembelajaran tergolong dalam hambatan rendah dan tanggapan siswa terhadap implementasi Kurikulum 2013 tergolong sangat baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: evaluasi pembelajaran, hambatan, Kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran, perencanaan pembelajaran
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 04 Dec 2017 08:51
    Last Modified: 04 Dec 2017 08:51

    Actions (login required)

    View Item