IMPLEMENTASI ALGORITMA WINNOWING PADA PLATFORM E-LEARNING UNTUK SISTEM PENILAIAN OTOMATIS JAWABAN ESSAY

Fifi Novalita Sari , 5302412086 (2016) IMPLEMENTASI ALGORITMA WINNOWING PADA PLATFORM E-LEARNING UNTUK SISTEM PENILAIAN OTOMATIS JAWABAN ESSAY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1236Kb)

    Abstract

    Sistem penilaian jawaban ujian uraian otomatis merupakan suatu cara yang dapat memudahkan dan mempercepat proses penilaian jawaban uraian (essay). Sistem ini dilakukan dengan mengukur kesamaan jawaban antara jawaban peserta didik dengan kunci jawaban menggunakan algoritma winnowing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan fitur penilaian jawaban essay pada Learning Management System, mengetahui efektivitas penilaian hasil belajar dengan fitur yang dikembangkan, dan mengetahui perbedaan penilaian hasil belajar menggunakan sistem otomatis dengan sistem manual. Pengujian sistem yang diterapkan berupa blackbox dan whitebox untuk mengecek fungsionalitas dan mengecek alur kerja sistem. Validasi ahli media juga dilakukan untuk menilai kelayakan sebelum sistem diterapkan dengan menggunakan angket. Sistem penilaian jawaban essay otomatis pada Learning Management System (LMS) menggunakan teknik uji coba untuk validasi sistem. Uji coba ini dilakukan dengan menerapkan sistem pada simulasi pengerjaan ujian, kemudian hasil koreksi otomatis dari sistem yang diperoleh akan dibandingkan dengan koreksi manual oleh guru. Validasi oleh pengguna (guru) menggunakan angket, kemudian akan dianalisa menggunakan analisis deskriptif, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai hasil koreksi sistem dengan hasil koreksi manual berdasarkan deskripsi dari setiap butir pertanyaan pada hasil yang telah didapatkan. Penilaian hasil uji coba dengan menggunakan algoritma winnowing dalam sistem penilaian jawaban essay otomatis dapat dikatakan efektif, tetapi kurang cocok untuk diterapkan dalam sistem ujian, hal ini dikarenakan adanya subjektifitas pada penilaian manual oleh guru, pembuatan kata kunci jawaban yang kurang sesuai dengan prediksi jawaban siswa, dan terdapat kekurangan dalam pemahaman makna jawaban pada analisis soal yang telah dilakukan. Analisis uji coba sistem pada 5 mata pelajaran yang diterapkan sistem penilaian jawaban essay otomatis didapatkan hasil adanya perbedaan yang signifikan terhadap nilai hasil koreksi manual dengan nilai hasil koreksi sistem. Saran yang diajukan berdasarkan keterbatasan penelitian yaitu : dapat dikembangkan untuk mendeteksi penjiplakan dokumen, dapat dikembangkan dengan adanya fitur tambahan untuk melakukan penambahan kunci jawaban, dapat dikembangkan dengan menambahkan position independence untuk menambah keakuratan pencocokan jawaban.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: e-learning, winnowing, essay, penilaian
    Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 03 Dec 2017 08:58
    Last Modified: 03 Dec 2017 08:58

    Actions (login required)

    View Item