PENERAPAN METODE CLUSTERING MEANS (C-MEANS) DAN FUZZY TAHANI PADA SISTEM INFORMASI HEWAN TERNAK SAPI BERKUALITAS BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN SEMARANG)

Asmida Ulfa L, 4611412025 (2016) PENERAPAN METODE CLUSTERING MEANS (C-MEANS) DAN FUZZY TAHANI PADA SISTEM INFORMASI HEWAN TERNAK SAPI BERKUALITAS BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1192Kb)

    Abstract

    Pembangunan sub sektor peternakan merupakan bagian integral dari pembangunan sektor peternakan dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi bangsa dan negara. Pembangunan sub sektor peternakan sebagai salah satu upaya dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat. Salah satu usaha peternakan yang dapat dikembangkan di Indonesia adalah usaha sapi potong. Dinas Peternakan Kabupaten Semarang, merupakan intansi pemerintah yang bergerak pada bidang peternakan. Dalam menjaga sapi potong yang berkualitas, salah satu yang dilakukan oleh Dinas adalah mengetahui kondisi sebaik-baiknya sapi dari mengetahui umur, pengukuran bobot, dan penilaian BCS (Body Condition Score) setiap sapi potong. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan sapi potong berkualitas berdasarkan umur, bobot, dan BCS (Body Condition Score). Metode yang digunakan adalah dengan metode fuzzy Clustering Means (C-Means) untuk mengelompokkan sapi potong sesuai dengan karateristiknya, membangkitkan bilangan random sebagai matriks partisi awal, menghitung pusat klaster, menghitung fungsi objektif, dan menghitung perubahan tiap matriks partisinya. Kemudian digunakan metode Fuzzy Tahani untuk merekomendasikan berdasarkan kriteria-kriteria yang bersifat samar didasarkan pada nilai derajat keanggotaan dan fire strength atau nilai rekomendasi. Hasil dari aplikasi ini yaitu rekomendasi sapi potong berkualitas berdasarkan kelompok sapi potong yang dihasilkan. Untuk pengujian terhadap aplikasi yang dibangun, dilakukan dengan dua cara uji validasi error sama dengan nol untuk metode fuzzy c-means dan perbandingan hasil perhitungan secara manual terhadap perhitungan dengan menggunakan system untuk Fuzzy Tahani. Dari kedua pengujian tersebut diperoleh hasil bahwa aplikasi ini dapat digunakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang. Saran dari penelitian ini, perlu dilakukan penelitian terhadap kasus yang berbeda untuk mengetahui performa metode c-means dengan Fuzzy Tahani.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Fuzzy Clustering Means (C-Means), Fuzzy Tahani, Fire Strength, Rekomendasi Sapi Potong Berkualitas
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    T Technology > Information and Computer
    T Technology > Information and Computer > Information System
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 30 Nov 2017 11:34
    Last Modified: 30 Nov 2017 11:34

    Actions (login required)

    View Item