PERANCANGAN APLIKASI MAPPING UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG INTERACTIVE DENGAN MENGGUNAKAN ACTIONSCRIPT 3.0 (STUDI KASUS BADAN PENGEMBANGAN KONSERVASI UNNES)

Rizka Sweet Juwita , 5302411131 (2016) PERANCANGAN APLIKASI MAPPING UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG INTERACTIVE DENGAN MENGGUNAKAN ACTIONSCRIPT 3.0 (STUDI KASUS BADAN PENGEMBANGAN KONSERVASI UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1350Kb)

    Abstract

    Dengan memanfaatkan peta digital, suatu wilayah dapat dengan mudah ditemukan. Peta digital memanfaatkan komputer dalam pengaksesan data, hal ini merupakan salah satu implementasi pilar konservasi yaitu kebijakan nir kertas. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin menciptakan suatu aplikasi peta digital interaktif yang menginformasikan letak universitas, letak gedung-gedung universitas serta menginformasikan Unnes secara fisik. Tujuan dari penelitan ini membangun aplikasi peta digital Universitas Negeri Semarang dengan menggunakan bahasa pemrograman Actionscript 3.0 dan mengetahui jalur antar gedung, jarak antar gedung, waktu tempuh kalori yang diperlukan dan CO2 yang dikeluarkan tubuh serta menginformasikan kondisi fisik lingkungan, tata guna lahan, sistem transportasi, tata vegetasi dan tata guna air. Interaktif di sini merupakan sifat dari multimedia karena melibatkan pengguna untuk mengontrol atau menggerakkan. Pengertian mapping interaktif adalah suatu pemetaan yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall yang memiliki siklus tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Proses pengujian dilakukan dalam rangka melakukan validation pada perangkat lunak. Proses validation dilakukan dengan black-box testing, uji validasi ahli materi serta media, dan uji pengguna. Hasil penelitian ini berupa aplikasi Mapping Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang dirancang menggunakan Actionscript 3.0. Fitur yang terdapat dalam aplikasi Mapping UNNES antara lain : jarak antar gedung, jalur antar gedung, waktu tempuh, kalori, CO2, informasi mengenai kondisi fisik lingkungan UNNES, tata guna lahan (meliputi : zona akademik, zona konservasi hayati, zona parkir dan ruang terbuka hijau, zona gedung olahraga, zona pendukung), sistem transportasi, tata vegetasi dan tata guna air. Hasil pengujian dari sistem aplikasi Mapping UNNES pada uji materi dan uji media secara keseluruhan menunjukkan persentase 92,5% yang berarti sangat baik. Hasil uji pengguna secara keseluruhan menunjukkan persentase 88,6% yang masuk kategori sangat baik. Saran untuk penelitian lanjutan adalah 1) Menambahkan cakupan wilayah UNNES secara keseluruhan (Kampus UNNES Sekaran, Kampus UNNES PGSD Ngaliyan, Kampus UNNES PGSD Tegal) 2) Menambahkan informasi - informasi lebih luas dan lengkap mengenai UNNES 3) Menambah fitur - fitur dan fungsi - fungsi dalam aplikasi yang bermanfaat bagi mahasiswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: peta digital, aplikasi mapping Unnes, actionscript 3.0
    Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 30 Nov 2017 09:31
    Last Modified: 30 Nov 2017 09:31

    Actions (login required)

    View Item