RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS KARESIDENAN KEDU BERBASIS MOBILE WEB APLICATION

Wahyu Eko Saputro , 5302411093 (2016) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS KARESIDENAN KEDU BERBASIS MOBILE WEB APLICATION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Karesidenan Kedu merupakan wilayah administratif di Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah penduduk mencapai 4.725.050 jiwa pada tahun 2013. Besarnya jumlah penduduk ini mengakibatkan tingkat mobilitas penduduk dalam menggunakan alat transportasi juga semakin tinggi. Sehingga Informasi mengenai daerah rawan kecelakaan sangat diperlukan untuk meningkatkan keselamatan berkendara dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) menghasilkan aplikasi sistem informasi georafis daerah rawan kecelakaan lalu lintas Karesidenan Kedu berbasis mobile web aplication. (2) Mengetahui hasil pengujian tanggapan pengguna terhadap aplikasi yang dibuat. Pengembangan sistem informasi georafis daerah rawan kecelakaan lalu lintas berbasis mobile web aplication ini menggunakan model waterfall. Sumber data pengujian tanggapan pengguna yaitu 30 mahasiswa yang berasal dari Karesidenan Kedu dan 2 dosen. Pengujian aplikasi meliputi aspek portability, functionality, dan usability yang berdasarkan ISO 9126. Teknik dalam pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pengembangan aplikasi sistem informasi geografis daerah rawan kecelakaan lalu lintas Karesidenan Kedu berbasis mobile web aplication dilakukan dengan beberapa tahap yaitu analisis (analisis kebutuhan, analisis hardware, dan analisis software), desain (desain sistem dan desain interface), pengkodean (perancangan desain interface dan pembuatan program), dan pengujian perangkat lunak (uji black-box). Aplikasi ini dibuat dengan software eclipse yang merupakan software untuk membuat aplikasi berbasis android dengan bahasa pemrograman java dan HTML. (2) Hasil pengujian tanggapan pengguna aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh persentase sebesar 84,69% dan masuk dalam kategori sangat baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis, Daerah Rawan Kecelakaan, aplikasi android
    Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 30 Nov 2017 08:55
    Last Modified: 30 Nov 2017 08:55

    Actions (login required)

    View Item