POJOKAN SEBAGAI MEKANISME REDISTRIBUSI DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN EKONOMI BURUH HARIAN PABRIK KETJAP IKAN LELE DI KABUPATEN PATI

Catur Wijayanti , 3401412072 (2016) POJOKAN SEBAGAI MEKANISME REDISTRIBUSI DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN EKONOMI BURUH HARIAN PABRIK KETJAP IKAN LELE DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (563Kb)

    Abstract

    Buruh yang bekerja di perusaahaan perseorangan harus memutar otak untuk mempertahankan kehidupannya karena upah yang diterima masih minim. Salah satu cara adalah dengan mengikuti aktivitas sosial ekonomi yang ada di pabrik seperti arisan atau menabung. Buruh rela mengeluarkan uang untuk melakukan aktivitas sosial ekonomi dengan berbagai alasan. Tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui kegiatan pojokan yang dilakukan oleh buruh harian Pabrik Ketjap Ikan Lele sebagai mekanisme redistribusi, (2) Mengetahui motivasi buruh harian Pabrik Ketjap Ikan Lele mengikuti pojokan sebagai pemenuhan kebutuhan ekonomi, (3) Mengetahui fungsi pojokan terhadap kehidupan buruh harian Pabrik Ketjap Ikan Lele. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dianalisis dengan Konsep Redistribusi serta Teori Pilihan Rasional dari Friedman dan Hetcher. Subjek penelitian adalah buruh harian Pabrik Ketjap Ikan Lele yang mengikuti pojokan. Informan penelitian dalam penelitian ini antara lain buruh harian Pabrik Ketjap Ikan Lele yang mengikuti pojokan, pemilik Pabrik Lecap Lele dan buruh harian Pabrik Ketjap Ikan Lele yang tidak mengikuti pojokan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan pojokan sebagai mekanisme redistribusi, karena mekanisme pojokan dilakukan secara terpusat kepada satu orang dan uang yang sudah terkumpul akan dibagikan kembali kepada anggota-anggota kelompok, (2) Buruh harian Pabrik Ketjap Ikan Lele mempunyai motivasi tersendiri dalam memilih mengikuti pojokan di pabrik yakni gak kudu metu, sak wayah-wayah dan percoyo. Pilihan mengikuti pojokan dirasa tepat untuk meningkatkan kestabilan kehidupan ekonomi, (3) Fungsi dari pojokan terhadap kehidupan buruh antara lain membantu perekonomian buruh, meningkatkan rasa kekeluargaan antarburuh dan menyebabkan timbulnya kecemburuan sosial. Saran, bagi pihak buruh sebaiknya menjaga komunikasi yang baik ketika melakukan aktivitas pertukaran ekonomi untuk menghindari timbulnya kecemburuan sosial antaranggota. Selain itu, bagi pihak pemilik pabrik sebaiknya memberikan perhatian khusus pabrik untuk meningkatkan kesejahteraan buruh berkaitan dengan upah yang diterima buruh.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Buruh Harian, Kehidupan Ekonomi, Pabrik Ketjap Ikan Lele, Redistribusi
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 23 Nov 2017 13:41
    Last Modified: 23 Nov 2017 13:41

    Actions (login required)

    View Item