STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT NELAYAN DALAM MENGHADAPI KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (STUDI KASUS NELAYAN DESA JETIS KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP)

Miftakhul Jannah , 3401412051 (2016) STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT NELAYAN DALAM MENGHADAPI KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (STUDI KASUS NELAYAN DESA JETIS KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (636Kb)

    Abstract

    Perkembangan zaman yang semakin pesat menuntut perubahan di segala aspek kehidupan. Seperti halnya dalam hal kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) bukanlah hal yang baru lagi dirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Kemajuan IPTEK juga dirasakan oleh masyarakat pesisir laut jawa khususnya masyarakat nelayan di Desa Jetis dalam melakukan aktivitas keseharianya. Oleh karena itu, strategi yang tepat guna mentransformasikan nelayan dalam rangka menyesuaikan diri dengan laju perubahan teknologi sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hambatan yang dialami oleh masyarakat nelayan dalam menghadapi kemajuan IPTEK dan 2) Mengetahui strategi adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat nelayan dalam menghadapi kemajuan IPTEK di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Adaptasi Budaya dari Julian H. Steward. Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Jetis. Informan pada penelitian ini adalah nelayan, aparat desa, dan masyarakat Desa Jetis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan member chek. Analisis data dalam penelitian terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami masyarakat nelayan dalam menghadapi kemajuan IPTEK yaitu disebabkan oleh faktor alam, faktor modal, kenaikan BBM, pengoprsian alat tangkap, sulitnya mendapatkan bahan maupun peralatan melaut dan kurangnya pengetahuan. Selain itu, bentuk strategi adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat nelayan untuk meminimalisir hambatan dalam menghadapi kemajuan IPTEK yaitu penganekaragaman alat tangkap ikan, pembuatan peralatan mandiri, penganekaragaman pekerjaan, telah didirikanya lembaga sosial berupa Koperasi, bantuan dari pemerintah dan adanya sistem sewa. Saran 1) bagi masyarakat nelayan perlunya memiliki penguasaan aspek informasi dalam hal cuaca, lokasi ikan dan teknologi. 2) Bagi pemerintah perlunya kerjasama antara Departemen Kelautan dan Perikanan dengan pihak Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) mengenai kondisi cuaca berdasarkan informasi pemanfaatan teknologi, sehingga nelayan dapat memprediksi cuaca.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Strategi Adaptasi, Nelayan, Perkembangan IPTEK.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 23 Nov 2017 07:54
    Last Modified: 19 Jan 2018 07:19

    Actions (login required)

    View Item