IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP (Studi Pendampingan anak korban kekerasan di Yayasan Setara)

Siti Muitasari , 3401412030 (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP (Studi Pendampingan anak korban kekerasan di Yayasan Setara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (516Kb)

    Abstract

    Fenomena kekerasan pada anak membuat Yayasan Setara melakukan upaya dalam menanggulanginya melalui program Sekolah Ramah Anak (SRA).Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam mengembangkan kecakapan hidup pada anak korban kekerasan di Yayasan Setara, bentuk kecakapan hidup yang muncul dan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program Sekolah Ramah Anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah Yayasan Setara Semarang, dengan subjek penelitian yaitu anak-anak korban kekerasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Penulis menggunakan teori pendidikan kritis dari Paulo Freire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi program Sekolah Ramah Anak sebagai upaya menjamin hak-hak anak korban kekerasan yang merupakan anak yang mengalami penindasan, berdasarkan teori pendidikan kritis dibagi menjad dua tahap diantaranya Pertama, penyadaran (consientazation) dibentuk kegiatan kelompok anak dengan memberikan pendidikan yang berdasarkan pada pengenalan realitas diri manusia dari materi sosialisasi, edukasi dan keterampilan. 2) Kedua, pemanusiaan manusia (Humanization), setelah mendapatkan pendampingan melalui kegiatan forum guru, forum orang tua dan kegiatan anak. Anak mendapatkan pemahaman dan mengetahui hak-haknya serta berhak mendapatkan perlindungan, selain itu melalui materi yang telah dipahami akan muncul kecakapan hidup yang mampu memberi bekal dasar tentang nilainilai kehidupan sehari-hari dalam aspek berfikir rasional, sosial dan keterampilan. 3) Faktor pendukung implementasikan program Sekolah Ramah Anak yaitu dukungan pemerintah dan beberapa donatur dalam menjalankan program, kesadaran diri dari mengikuti program yang telah diselenggarakan oleh Yayasan Setara.Sedangkan faktor penghambat yaitu jadwal kegiatan yang diselenggarakan Yayasan Setara bersamaan dengan kegiatan sekolah, lingkungan sekitar rumah anak korban kekerasan, sarana dan prasarana kurang memadai dan minimnya kemampuan krativitas dari pengajar atau pendamping. Implementasi program Sekolah Ramah Anak kurang berjalan secara maksimal di pengaruhi oleh beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan program. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Bagi Yayasan Setara, memberikan peningkatan kualitas tenaga infrastruktur dan pembimbing, memaksimalkan sarana dan prasarana, pengembangan bakat dan keterampilan ditingkatkan lagi. 2) Bagi Sekolah, dapat menghimbau orang tua wali untuk mengikuti kegiatan forum orang tua.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sekolah Ramah Anak, Kecakapan Hidup
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 22 Nov 2017 08:34
    Last Modified: 22 Nov 2017 08:34

    Actions (login required)

    View Item