STRATEGI ADAPTASI SOSIAL BUDAYA ANAK-ANAK INDONESIA DI LUAR NEGERI (Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Indonesia Bangkok)

Alfisyahr Izzati , 3401412012 (2016) STRATEGI ADAPTASI SOSIAL BUDAYA ANAK-ANAK INDONESIA DI LUAR NEGERI (Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Indonesia Bangkok). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (751Kb)

    Abstract

    Adaptasi atau penyesuaian diri merupakan salah satu dari sekian banyak permasalahan yang dihadapi manusia.Selama dua bulan tinggal di luar negeri dengan corak sosial budaya yang berbeda dengan di Indonesia, penulis mengamati banyak hal terutama terkait dengan kehidupan anak-anak berkewarganegaraan Indonesia yang tinggal di Bangkok.Hidup sebagai orang asing di lingkungan sosial budaya masyarakat Thai bagi anak-anak Indonesia tampak sebagai suatu tantangan dalam pergaulan sehari-hari.Kehidupan di tanah rantau dengan segala perbedaan corak sosial budaya yang dijalani membutuhkan kemampuan adaptif tinggi serta menghasilkan berbagai respon yang unik dari setiap individunya Anak-anak Indonesia yang tinggal di Bangkok dan bersekolah di Sekolah Indonesia Bangkok juga harus berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.Perbedaan-perbedaan dalam interaksi lintas budaya yang dialami oleh anak-anak Indonesia di Bangkok membutuhkan siasat (strategi) tertentu untuk menghadapinya.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan proses interaksi dalam pergaulan siswa Sekolah Indonesia Bangkok, 2). memahami masalah yang dihadapi oleh anak-anak Indonesia ketika berinteraksi dalam lingkup sosial budaya di Bangkok, 3). memahami strategi adaptasi sosial budaya yang dilakukan anak-anak Indonesia di Bangkok dalam proses interaksi di lingkungan berbeda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Lokasi penelitian berada di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) KBRI untuk Kerajaan Thailand.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancaramendalam dan dokumentasi.Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data.Teknik analisis data meliputi mengorganisasikan data, pengelompokan data berdasarkan kategori, tema dan pola jawaban, menguji asumsi atau permasalahan yang adaterhadap data,mencari alternatif penjelasan data, dan menulis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1)interaksi yang dilakukan oleh anak-anak Sekolah Indonesia Bangkok, baik di rumah, sekolah dan dalam masyarakat luas, menunjukkan bahwa interaksi cenderung berpusat dalam lingkup ke-Indonesia-an, 2) masalah terbesar dalam komunikasi antarbudaya anak-anak Indonesia di Bangkok adalah karena anak-anak Indonesia hidup di tengah-tengah masyarakat Thai, namun orientasi komunikasinya cenderung lebih Indonesia- viii sentris sehingga menyebabkan interaksi dengan masyarakat setempat mengalami kemacetan. Anak-anak Indonesia dan masyarakat Thai di Bangkok memiliki kecenderungan hidup dalam suasana individualistis khas masyarakat urban dan hanya berkumpul dengan teman sebangsa saja.Anak-anak Indonesia merasa kebutuhan hidup di Bangkok telah terpenuhi dengan baik; sandang, pangan, papan, pendidikan dan kawan.3) Anak-anak Indonesia dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial budaya yang berbeda, akan tetapi adaptasi itu tidak sampai pada taraf asimilasi budaya. Kuatnya penanaman nilai-nilai karakter bangsa Indonesia di dalam keluarga dan sekolah, membuat anak-anak Indonesia memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Anak-anak Indonesiayang menjadi siswa Sekolah Indonesia Bangkok dapat menyaring budaya seperti apa yang sesuai dan dapat diterapkan dalam dirinya maupun yang tidak. Penulis memberikan rekomendasi saran kepada Sekolah Indonesia Bangkok agar Sekolah Indonesia Bangkok mengadakan program seperti Friendship Camp dan Live In.Program-program tersebut diharapkan dapat mencairkan komunikasi antara anak-anak Indonesia dengan masyarakat Thai di Bangkok, demikian pula sebaliknya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Anak-anak Indonesia, Sekolah Indonesia Bangkok, Strategi Adaptasi Sosial Budaya
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 22 Nov 2017 07:08
    Last Modified: 22 Nov 2017 07:08

    Actions (login required)

    View Item