PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN UMUM DI DESA KRIYAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA

Septri Adelya Mufti , 3312412021 (2016) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN UMUM DI DESA KRIYAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (515Kb)

    Abstract

    Pelayanan umum merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang/sekelompok orang dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan haknya. Adanya kinerja aparat pemerintahan dalam hal ini adalah perangkat desa dalam memberikan pelayanan umum yang nantinya akan menimbulkan persepsi masyarakat terhadap kinerja perangkat desa. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan umum di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara; dan 2. Mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan umum di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan umum kepada masyarakat telah mampu mencapai kinerja yang baik. Kinerja perangkat di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara diukur dengan: kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahaan akses, kedisiplinan, dan kenyamanan; 2. Persepsi masyarakat terhadap kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan umum di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara masuk ke dalam kategori yang Cukup. Persepsi yang ada pada masyarakat diukur dengan prosedur pelayanan, penyelesaian waktu, keramahan dalam melayani, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas. Saran, kepada perangkat desa perlunya penambahan fasilitas bagi pengguna jasa dalam pelayanan publik seperti penambahan tempat ruang tunggu yang nyaman, area parkir yang teduh, dan area bebas merokok. Kepada perangkat Desa Kriyan perlu untuk ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi dalam hal kinerja dengan menerapkan prinsip-prinsip pelayanan publik, mampu untuk bekerja lebih giat dan bertanggung jawab terhadap tugas dan kedisiplinan yang baik, serta tanggap terhadap segala bentuk dan jenis kegiatan yang ada agar dalam mutu pelayanannya lebih optimal dan sesuai dengan harapan masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan publik. Kepada Perangkat Desa Kriyan, perlu adanya pemasangan SOP (Standar Operasional Pelayanan) agar dalam kebutuhan melayani dalam pelayanan umum masyarakat bisa berjalan dengan baik dan efisien. Kepada peneliti selanjutnya, penelitian yang telah dilakukan ini dapat dijadikan bahan acuhan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya, tentang persepsi masyarakat terhadap kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan umum di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Kinerja Perangkat Desa, dan Pelayanan Umum
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 21 Nov 2017 07:08
    Last Modified: 21 Nov 2017 07:08

    Actions (login required)

    View Item