PERAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK REMAJA) DALAM UPAYA PENCEGAHAN SEKS BEBAS PADA SISWA DI SMP PGRI TEGOWANU

Atik Afriyani , 3301412113 (2016) PERAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK REMAJA) DALAM UPAYA PENCEGAHAN SEKS BEBAS PADA SISWA DI SMP PGRI TEGOWANU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (517Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) sangat baik sebagai upaya pencegahan kenakalan siswa salah satunya yaitu seks bebas. Permasalahan yang dikaji dalam Penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran PIK Remaja dalam upaya pencegahan seks bebas pada siswa di SMP PGRI Tegowanu, (2) Bagaimana pola pencegahan PIK Remaja dalam upaya pencegahan seks bebas pada siswa di SMP PGRI Tegowanu, (3) Apakah faktor pendukung dan penghambat PIK Remaja dalam upaya pencegahan seks bebas pada siswa di SMP PGRI Tegowanu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMP PGRI Tegowanu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas alat pengumpulan data dilakukan dengan teknik triangulasi dan melalui prosedur penelitian yang meliputi 3 tahapan yaitu persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pembuatan laporan. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran PIK Remaja menyusun program yang berkaitan dengan upaya pencegahan seks bebas, melaksanakan program dan melakukan evaluasi program PIK Remaja (2) Pola pencegahan PIK Remaja menerapkan model Peer Control Group. (3) faktor pendukung PIK Remaja yaitu hubungan saling mendukung yang dibangun oleh seluruh komponen sekolah. Sedangkan hambatan yang dialaminya adalah kurangnya perhatian dan kepedulian siswa terhadap bahaya seks bebas, anggaran pendanaan optimal. Dari hasil diatas, hal yang disarankan peneliti adalah Sekolah perlu meningkatkan kinerja dari PIK Remaja serta meningkatkan kerjasama orang tua, meningkatkan peran serta pemerintah (dalam hal pendanaan) untuk kegiatan pencegahan seks bebas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peran, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja), Pola Pencegahan
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 20 Nov 2017 07:09
    Last Modified: 20 Nov 2017 07:09

    Actions (login required)

    View Item