KREATIFITAS MENGAJAR GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA KELAS VIII A PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP N 1 DAWE KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS

Putri Puspitasari , 3301412035 (2016) KREATIFITAS MENGAJAR GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA KELAS VIII A PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP N 1 DAWE KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (596Kb)

    Abstract

    Kreativitas adalah sebuah proses yang memanifestasikan dirinya dalam kefasihan (kelancaran), dalam fleksibilitas, juga dalam orisinalitas berpikir. Kreativitas sebagai salah satu dari ‘multipel intelejensi’ yang meliputi berbagai macam fungsi otak. Kreativitas erat kaitannya dengan bagaiman mengajar seorang guru, Mengajar bukan lagi usaha menyampaikan ilmu pengetahuan, melainkan usaha menciptakan sistem lingkungan yang membelajarkan peserta didik agar tujuan pengajaran dapat tercapai secara optimal. Oleh karena itu kreativitas mengajar harus dikembangkan untuk memotivasi belajar peserta didik secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kreatifitas mengajar guru dalam memotivasi siswa kelas VIII A pada mata pembelajaran PKn di SMP N 1 Dawe Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus (2) Mengetahui faktor penghambat yang dihadapi dalam kreatifitas mengajar guru dalam memotivasi siswa kelas VIII A pada mata pelajaran PKn di SMP N 1 Dawe Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Lokasi penelitian SMP N 1 Dawe Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan berbagai data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara tentang kreativitas mengajar guru dalam memotivasi siswa, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode interaksi dengan tahap-tahap mengumpulkan data, reduksi data, analisis dan penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kreatifitas mengajar guru dalam memotivasi siswa kelas VIII A pada mata pelajaran Pkn di SMP N 1 Dawe Kecamatan Dawe kabupaten Kudus dalam pembelajaran kreatifitas mengajar mempunyai 3 strategi pembelajaran yaitu penilaian, hadiah, pilihan (2) Faktor penghambat kreativitas mengajar guru, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang untuk pembelajaran. Saran yang dapat di berikan untuk penelitian ini adalah (1)Guru memberikan pengajaran terhadap penemuan-penemuan baru yang nantinya akan membuat para peserta didik lebih semangat dan cenderung tidak membosankan sehingga membangkitkan motivasi belajar peserta didik, (2) Penambahan sarana dan prasarana seperti LCD dan dan OHP di setiap kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pengembangan kreatifitas mengajar, memotivasi peserta didik
    Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 15 Nov 2017 13:23
    Last Modified: 15 Nov 2017 13:23

    Actions (login required)

    View Item