EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN ASPIRASI KARIR SISWA SMA NEGERI 7 PEKANBARU

ISNARIA RIZKI HAYATI, 0105515065 (2017) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN ASPIRASI KARIR SISWA SMA NEGERI 7 PEKANBARU. Masters thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF
Download (1088Kb)

    Abstract

    Self efficacy dan aspirasi karir merupakan hal yang sangat penting dalam tugas perkembangan remaja, antara lain pemilihan dan persiapan karir. Selain hal tersebut self efficacy dan aspirasi karir dua hal yang dibutuhkan pada individu sebagai motivasi internal pada siswa dalam mencapai prestasi disekolah maupun aspirasi pendidikannya, maka siswa harus mempunyai self efficacy dan aspirasi karir yang tinggi. Fakta dilapangan masih terdapat siswa yang memiliki self efficacy dan aspirasi karir yang rendah, untuk itu diperlukan upaya-upaya atau strategi-strategi untuk menangani siswa yang memiliki self efficacy dan aspirasi karir rendah secara efektif. Dalam upaya untuk meningkatkan self efficacy dan aspirasi karir siswa yang rendah maka dapat dilakukan layanan konseling kelompok dengan teknik self instruction. Melalui teknik self instruction, pandangan negatif seseorang mengenai dirinya dapat diarahkan menjadi lebih positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik Self Instruction untuk meningkatkan self efficacy dan aspirasi karir siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah repetead measure dengan desain pretest and multiple posttest design dengan sampel penelitian 14 orang yang dipilih secara purposive dari 120 orang siswa SMA Negeri 7 Pekanbaru. yang memiliki self efficacy dan aspirasi karir siswa rendah. Hasil analisis dengan menggunakan repeated measures menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik Self Instruction efektif dalam meningkatkan self efficacy (F(2,12)= 145.146;p < 0.01) dan aspirasi karir (F(2, 12) =63.250;p < 0.01). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik Self Instruction efektif untuk meningkatkan meningkatkan self efficacy dan aspirasi karir siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dikembangkan kembali dengan permasalahan yang berbeda dan efektif diterapkan di sekolah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 14 Nov 2017 09:02
    Last Modified: 14 Nov 2017 09:02

    Actions (login required)

    View Item